sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
Sabtu, 29 Des 2018 08:00 WIB

Studi tunjukkan bahwa Netflix tak membunuh bioskop

EY Quantitative Economics and Statistic menyatakan bahwa orang-orang yang pergi ke bioskop ternyata juga lebih sering mengonsumsi banyak konten streaming.

Studi tunjukkan bahwa Netflix tak membunuh bioskop
Source: MovieWeb

Baru-baru ini terdapat studi baru yang menyatakan bahwa Netflix tidak membunuh bioskop. Dilansir dari Variety (17/12), EY Quantitative Economics and Statistic menyatakan bahwa orang-orang yang pergi ke bioskop ternyata juga lebih sering mengonsumsi konten streaming. Jadi anggapan terkait bioskop yang kalah populer dengan perusahaan hiburan digital tersebut kurang tepat. Hubungan antara keduanya kemungkinan lebih layak dianggap hubungan komplementer dibandingkan konsumsi hiburan yang kanibalistik.

Studi tersebut menemukan bahwa responden yang mengunjungi bioskop sebanyak sembilan kali atau lebih dalam 12 bulan terakhir maka juga akan mengonsumsi lebih banyak konten streaming. Beda halnya dengan konsumen yang mengunjungi bioskop hanya sekali atau dua kali selama setahun terakhir. Mereka mengkonsumsi lebih sedikit konten streaming.

Pada November lalu, studi ini mensurvei 2.500 responden. Dari situ diketahui 80 persen responden melihat setidaknya satu film di bioskop selama setahun terakhir. Mereka yang melihat sembilan film atau lebih di bioskop selama setahun, rata-rata menonton 11 jam streaming mingguan. Sementara orang yang menonton streaming selama tujuh jam, maka rata-rata akan melihat satu hingga dua film di bioskop.

Sedangkan orang-orang yang tidak menonton di bioskop, cenderung menghindari menonton pertunjukkan dan film dalam waktu laya pada layanan streaming. Hampir setengah dari mereka yang tidak mengunjungi bioskop dalam 12 bulan terakhir, juga tidak melakukan streaming konten online apa pun. Sementara hanya sekitar 18 persen saja yang menghindari bioskop namun steaming konten online selama delapan jam atau lebih per-minggunya.

Responden berusia 13 hingga 18 tahun, rata-rata menonton 7,3 film dan mengonsumsi 9,2 jam konten streaming. Responden tersebut menjadi konsumen tertinggi dari semua kelompok usia responden. Namun pada responden usia antara 18 hingga 37 tahun, rata-rata mengunjungi bioskop 6 kali dalam satu tahun terakhir dan menonton 8,6 jam konten streaming dalam seminggu. Responden usia tersebut menjadi konsumen paling rendah di antara semua kelompok usia responden.

Share
×
tekid
back to top