sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
Senin, 03 Mei 2021 09:34 WIB

Spotify catat jumlah unduhan 1 miliar di Play Store

Aplikasi musik dan audio Spotify baru saja menerima label jumlah unduhan lebih dari 1 miliar di Google Play Store.

Spotify catat jumlah unduhan 1 miliar di Play Store
Source: Pexels

Setelah Google Music Play dihentikan, kini Spotify menjadi salah satu aplikasi musik yang merajai smartphone Android. Aplikasi ini baru saja mencatat pencapaian jumlah unduhan 1 miliar di Google Play Store

Peningkatan jumlah unduhan pada Spotify terjadi dengan cepat. Hanya dalam kurun waktu 2 tahun, aplikasi mencatat jumlah unduhan dari hanya 500 juta pengguna, menjadi 1 miliar.

Ambisi perusahaan memang tampaknya tidak terbatas. Spotify belakangan gencar memperbarui layanannya, mulai dari memperluas basis pengguna gratis dan berlangganan dan tampilan muka yang semakin mudah diakses.

Spotify juga berinvestasi banyak pada fitur Podcast-nya. Belum lama, Spotify bekerja sama dengan aplikasi Anchor untuk menghadirkan layanan berbayar bagi konten podcast. Ini memberikan kesempatan bagi para kreator podcast menerima bayaran dari pengguna yang ingin mendengarkan episode podcast tertentu.

Langganan berbayar ini akan tersedia untuk podcaster melalui Anchor, yang memungkinkan pemilik podcast menandai episode sebagai podcast khusus yang hanya bisa didengar oleh mereka yang berlangganan saja.

Namun, mengutip laporan dari Android Police (3/5), layanan berlangganan podcast justru lebih seperti membatasi para pendengar. Bagaimana tidak, harga berlangganan diketahui naik dan pembayaran kepada artis atau kreatornya tidak rata alias kecil. Kini, masalah tersebut menjadi poin perdebatan di antara para kreator dan pengguna Spotify.

Terlepas dari itu, Spotify tampaknya akan tetap menjadi aplikasi musik yang tidak bisa ditandingi, setidaknya di Android. Faktanya, YouTube Music yang hadir menggantikan Google Play Music gagal menangkap orang-orang. Sementara jumlah unduhan Joox - yang dikenal sebagai saingan Spotify di Indonesia, masih berlabel 100 juta+ di Play Store.

Bisa dibilang, pesaing terbesar Spotify di luar aplikasi musik adalah YouTube (versi standar) dan TikTok.

Share
×
tekid
back to top