sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
Rabu, 28 Apr 2021 13:31 WIB

Setelah Apple, kini Spotify juga luncurkan fitur berlangganan podcast

Spotify luncurkan layanan berlangganan khusus konten podcast untuk para kreator tanpa pemotongan biaya selama 2 tahun pertama.

Setelah Apple, kini Spotify juga luncurkan fitur berlangganan podcast
Source: Spotify

Pada acara Apple Spring Loaded, perusahaan meluncurkan subscription atau langganan berbayar untuk konten podcast di Apple. Tidak mau kalah, rupanya Spotify juga meluncurkan layanan berlangganan serupa, namun dengan bantuan aplikasi podcast Anchor untuk membantu proses pembayaran berlangganan.

“Dengan memungkinkan distribusi luas konten khusus pelanggan, tujuan kami adalah membantu podcaster memaksimalkan pemirsa langganan mereka dan mengembangkan mereka dari basis pendengar yang ada. Dalam Spotify, konten ini dapat ditelusuri dan ditemukan seperti episode podcast lainnya,” kata Spotify pada unggahan blog-nya.

Langganan berbayar ini akan tersedia untuk podcaster melalui Anchor, yang memungkinkan pemilik podcast menandai episode sebagai podcast khusus yang hanya bisa didengar oleh mereka yang berlangganan saja.

Selama 2 tahun pertama, layanan ini tidak akan memotong pendapatan atau memungut biaya kepada kreator. Artinya, kreator yang berpartisipasi menerima 100% pendapatan langganannya (tidak termasuk biaya transaksi pembayaran). Namun, mulai 2023, perusahaan berencana untuk menarik biaya 5% yang mungkin akan diakumulasikan dengan jumlah pendapatan pembuat podcast.

Spotify juga mengumumkan kolaborasi dengan NPR, di mana mereka akan mempublikasikan pilihan acara tanpa sponsor untuk pelanggan berbayar. Adapun 5 pertunjukan pertama yang akan tersedia mulai 4 Mei, yaitu How I Build This with Guy Raz, Short Wave, It’s Been a Minute with Sam Sanders, Code Switch, dan Planet Money.

“Pendengar akan dapat mendengarkan dengan mengetahui bahwa langganan mereka mengarah langsung ke podcaster yang mereka sukai, memberikan aliran pendapatan bagi pembuat konten independen dengan cara mereka sendiri,” tutup Spotify.

Tag
Share
×
img
×
tekid
back to top