sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
Rabu, 22 Nov 2023 17:58 WIB

Kesepakatan rahasia Google mungkinkan Spotify bebas biaya Play Store

Spotify tidak membayar komisi apa pun kepada Google untuk pengguna yang membayar biaya berlangganan.

Kesepakatan rahasia Google mungkinkan Spotify bebas biaya Play Store

Play Store dan App Store adalah dua toko aplikasi paling populer di dunia. Keduanya sangat besar sehingga volume ekonominya bernilai miliaran dolar. Mereka memperoleh keuntungan melalui komisi, seringkali mencapai hingga 15-30%. Setiap aplikasi di platform ini diharuskan membayar komisi kepada perusahaan berdasarkan pendapatannya.

Besaran komisi tersebut terkadang menjadi bahan perdebatan. Namun, kita mungkin memperhatikan bahwa masalah ini sangat menonjol di pihak Apple. Tampaknya Google, di sisi lain, memberikan favoritisme yang signifikan terhadap favoritnya.

Kesepakatan signifikan antara Google dan Spotify telah terungkap. Menurut kesaksian yang diberikan oleh Don Harrison, eksekutif Google yang bertanggung jawab atas kemitraan internasional, selama pertarungan hukum Google dengan Epic Games, perjanjian antara Google dan Spotify cukup baik.

Dilansir dari Gizmochina (22/11), dalam kesepakatan ini, Spotify tidak membayar komisi apa pun kepada Google untuk pengguna yang membayar biaya berlangganan menggunakan metode pembayaran Spotify sendiri. Bagi pengguna yang melakukan pembelian menggunakan metode pembayaran Google, komisi yang dibayarkan hanya sebesar 4%.

Harrison menggunakan ekspresi yang mencolok untuk menjelaskan alasan di balik perjanjian ini. Menurut seorang pejabat Google, Spotify memiliki tingkat popularitas yang “belum pernah terjadi sebelumnya” dan harus berfungsi dengan sempurna dalam ekosistem Android. Harrison menyatakan bahwa mereka memberikan hak istimewa kepada Spotify karena mereka yakin jika tidak, pengguna mungkin mempertimbangkan untuk meninggalkan Android.

Spotify dikenal sebagai perusahaan yang mengkritik keras tarif komisi, terutama dalam kasus yang melibatkan Apple dan Epic Games. Dalam perselisihan hukum dengan Epic Games, perusahaan tersebut bahkan menuduh Apple memonopoli pasar. Bahkan, beberapa bulan lalu, Spotify mengambil keputusan untuk berhenti menerima pembayaran melalui App Store, dengan tujuan menghindari pembayaran komisi kepada Apple.

Share
×
tekid
back to top