sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Kamis, 15 Feb 2024 13:01 WIB

Sony targetkan game eksklusif PlayStation datang ke PC lebih cepat

Sony mungkin segera memperkecil kesenjangan antara peluncuran produk eksklusif PlayStation dan porting PC.

Sony targetkan game eksklusif PlayStation datang ke PC lebih cepat

Sony mungkin segera memperkecil kesenjangan antara peluncuran produk eksklusif PlayStation dan porting PC. Presiden perusahaan Hiroki Totoki menginformasikan dalam sesi tanya jawab pasca-pendapatan bahwa dia ingin PlayStation menjadi “agresif dalam meningkatkan kinerja margin kami,” dengan game “multi-platform” memainkan peran penting.

Dilansir dari Engadget (15/2), Totoki mengklarifikasi dalam pembicaraan bahwa yang dimaksud dengan multi-platform adalah PlayStation dan PC, bukan Xbox atau Switch.

Ketika ditanya tentang keuntungan Sony yang tidak bisa mengimbangi peningkatan pendapatan kotor, dia mengatakan perangkat keras dan game pihak pertama adalah dua area yang menjadi fokus. Dia mencatat bahwa pengurangan biaya perangkat keras pada siklus konsol ini “sulit didapat”, menunjukkan bahwa kita tidak akan melihat penurunan harga konsol secara permanen.

“Saya pribadi berpendapat ada peluang di luar sana untuk meningkatkan margin, jadi saya ingin bertindak agresif dalam meningkatkan kinerja margin kami,” katanya. Totoki mengisyaratkan salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan mendapatkan lebih banyak uang dari judul-judul PlayStation Studios (yang sering mendapat pujian kritis dan sukses secara komersial), seperti Marvel’s Spider-Man 2 dan God of War: Ragnarok.

“Dulu, kami ingin mempopulerkan konsol, dan tujuan utama judul pihak pertama adalah membuat konsol tersebut populer,” kata Totoki dalam sesi tanya jawab. “Ini benar, tetapi ada sinergi di dalamnya, jadi jika Anda memiliki konten pihak pertama yang kuat — tidak hanya di konsol kami tetapi juga di platform lain, seperti komputer — [game] pihak pertama dapat dikembangkan dengan multi-platform, dan hal ini dapat membantu meningkatkan laba operasional, sehingga hal ini merupakan hal lain yang ingin kami kerjakan secara proaktif.”

Itu adalah perubahan yang jelas dari pemikiran kepala PlayStation Studios Herman Hulst pada tahun 2022. Dia kemudian mengatakan bahwa gamer PC harus menunggu “setidaknya satu tahun” sebelum melihat game PlayStation pihak pertama di komputer mereka. God of War (2018) dan Marvel’s Spider-Man pertama memiliki jeda sekitar empat tahun antara peluncuran PS4 dan PC. Spin-off Miles Morales yang terakhir mengalami perubahan haluan sekitar dua tahun.

Pada tanggal 8 Februari, Sony meluncurkan Helldivers 2 di PS5 dan Windows secara bersamaan. VGC mencatat bahwa game ini menghasilkan jumlah pemain Steam bersamaan tertinggi di PlayStation Studios — mengalahkan God of War (2018), The Last of Us Part I, dan Horizon Zero Dawn. Helldivers 2 dikembangkan oleh Arrowhead Games dengan penerbitan Sony Interactive Entertainment.

Tidak jelas apakah Totoki bermaksud agar kita dapat mengharapkan produk-produk PlayStation di masa depan seperti game Wolverine yang akan datang atau Spider-Man, God of War, atau berbagai waralaba Naughty Dog yang selalu populer akan muncul di PC pada hari yang sama dengan konsol.

Namun perubahan strategi sedang berlangsung, dan Totoki akan memiliki pengaruh untuk mewujudkan rencana tersebut: Dia mengambil alih posisi Jim Ryan sebagai CEO sementara Sony Interactive Entertainment pada bulan April.

Share
×
tekid
back to top