Sony pamer layar beresolusi 16K

Resolusi 16K dikabarkan memiliki resolusi lebih tinggi 16 kali dibandingkan dengan 4K dan 64 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan resolusi Full-HD.

Sony pamer layar beresolusi 16K

Resolusi layar 8K menjadi hal mainstream bagi sebagian konsumen saat ini. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya televisi beresolusi tinggi dari beberapa pabrikan. Dilansir dari Techspot (10/4), Sony baru saja mengumumkan layar beresolusi 16K dengan bentang panel 19 x 5 meter di pameran dagang National Association of Briadcasters di Las Vegas.

Resolusi 16K dikabarkan memiliki resolusi lebih tinggi 16 kali dibandingkan televisi 4K dan 64 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan resolusi Full-HD. Salah satu tujuan ideal dari tampilan resolusi sangat tinggi adalah untuk membuat gambar tampak nyata. Pada ukuran luas layar 95 meter persegi, kerapatan piksel masih harus melebihi 50ppi agar sesuai dengan kebanyakan televisi Full-HD kelas konsumen. Layar berukuran besar membutuhkan resolusi yang sangat tinggi demi menjaga kualitas visual agar kerapatan pikselnya tetap padat.


BACA JUGA

Nasib Pay TV di Indonesia: hidup susah mati tak mau

Lebih baik dari OLED, teknologi TV MicroLED akan jadi mainstream

Sony luncurkan TV 8K 98 inci seharga mobil mewah


Dengan demikian, keputusan Sony untuk menghadirkan layar sangat besar beresolusi 16K adalah suatu kewajiban agar konten di dalamnya terlihat tajam. Selain itu, menghadirkan layar beresolusi tinggi pada ukuran yang sangat lebar merupakan hal yang lebih mudah jika dibandingakn membuat layar berukuran kecil tetepi memiliki resolusi 16K.

Layar 16K dari Sony di sini menggunakan panel MicroLED. Tidak ketinggalan pula teknologi yang bernama Crystal LED dari Sony. Sama seperti teknologi OLED, teknologi Micro LED tidak membutuhkan pencahayaan lampu backlight.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: