sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Jumat, 16 Sep 2022 16:20 WIB

Snapdragon 8 Gen 2 dirumorkan akan memiliki model dengan frekuensi lebih tinggi

Qualcomm dikabarkan akan meluncurkan dua versi chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang akan datang, salah satunya hadir dengan frekuensi yang lebih tinggi.

Snapdragon 8 Gen 2 dirumorkan akan memiliki model dengan frekuensi lebih tinggi

Menjelang kehadiran generasi terbaru dari SoC andalan Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 2, sejumlah bocoran mulai muncul ke permukaan. Terbaru, perusahaan dilaporkan bakal menghadirkan dua versi untuk seri chipset tersebut. 

Kabar ini diperoleh dari sumber terkenal di platform Weibo, Digital Chat Station. Melansir GSMArena (16/9), tipster tersebut mengungkap, chipset Snapdragon 8 Gen 2 ini akan dibagi menjadi versi standar serta versi yang didukung frekuensi tinggi. 

Lebih lanjut, prosesor smartphone generasi terbaru dari Qualcomm ini diduga akan beroperasi pada kisaran 3,4 GHz hingga 3,5 GHz. Dengan kata lain, chipset Snapdragon 8 Gen 2 akan mempunyai frekuensi yang lebih cepat dibanding sebelumnya. Chipset terbaru ini juga akan hadir dengan peningkatan GPU yang signifikan. 

Menurut dugaan GSMArena, chipset Snapdragon 8 Gen 2 versi biasa akan menjadi chipset yang sama persis dengan generasi sebelumnya. Hanya saja, model ini menampilkan beberapa perubahan seperti pada peningkatan GPU untuk menghadirkan grafis yang lebih baik. Sedangkan beberapa unit lainnya, bakal mampu mempertahankan kecepatan clock yang lebih tinggi dan menjadi versi frekuensi ultra-tinggi dari SoC terbaru Qualcomm.

Sesuai dengan rumor sebelumnya, Digital Chat Station menyebut, Snapdragon 8 Gen 2 akan didasarkan pada proses manufaktur 4nm TSMC. Chipset ini juga akan memberi daya pada perangkat iQOO 11 serta beberapa smartphone flagship lainnya. 

Terakhir, Digital Chat Station juga mengisyaratkan, chipset besutan MediaTek yakni Dimensity akan tampil dengan lompatan kinerja CPU yang baik. Menurut tipster tersebut, ini akan berpotensi menutup kesenjangan antara chipset Dimensity dan Snapdragon.
 

Share
×
tekid
back to top