sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
Senin, 27 Apr 2020 11:13 WIB

Sepeda listrik terbaru Xiaomi punya jarak tempuh 80 km

Himo Z16 mengadopsi desain lipat tiga yang memungkinkan bodi tengah, pedal kaki, dan stang sepeda seolah-olah menjadi satu.

Sepeda listrik terbaru Xiaomi punya jarak tempuh 80 km
Source: Gizmochina

Perusahaan asal Tiongkok, Xiaomi, memang lebih terkenal akan produk perangkat pintarnya seperti ponsel, smartwatch, tablet, dan lainnya. Tetapi kamu juga pasti telah mengetahuinya jika pabrikan ini juga sudah memiliki sepeda listrik.

Dilansir dari Gizmochina (27/4), Xiaomi baru-baru ini memamerkan sepeda listrik lipat Himo Z16 baru untuk crodfunding di platform Youpin. Tampaknya sepeda ini memiliki inspirasi dari sepeda ultra-lipat Himo H1. Namun, Z16 mengadopsi ukuran yang lebih besar daripada H1.

Desain dari sepeda listrik Himo Z16 juga digadang-gadang memiliki fungsi yang ditingkatkan. Pasalnya, sepeda terbaru buatan Xiaomi ini memiliki pedal, meski ia juga dilengkapi dengan motor listrik. Sudah pasti bahwa pedal tersebut berfungsi untuk menambah tenaga jika baterainya habis.

Himo Z16 mengadopsi desain lipat tiga yang memungkinkan bodi tengah, pedal kaki, dan stang sepeda seolah-olah menjadi satu. Motor listrik yang dimilikinya dilengkapi dengan bingkai alumunium yang relatif ringan. Secara keseluruhan motor itu memiliki bobot 22,5 kg berkat material pembuatnya. Bobot yang tidak terlalu berat dapat lebih memberikan efisiensi daya baterai.

Sama seperti hampir semua sepeda listrik di pasar, Himo Z16 dilengkapi dengan layar LCD yang dapat menampilkan informasi seperti daya baterai, jarak tempuh, kecepatan dan sebagainya. Layar LCD ini memiliki sertifikasi tahan air IPX7. Dengan demikian, cukup aman untuk pengguna mencari tempat berteduh jika tiba-tiba hujan.

Sepeda listrik ini juga memiliki tiga mode berkendara, yakni menggunakan tenaga listrik sepenuhnya, menggunakan campuran tenaga pedal dan motor listrik dan tenaga pedal sepenuhnya. Baterainya dapat bertahan hingga jarak 55 km dengan muatan penuh. Selain itu, baterainya juga dapat bertahan hingga 80 km dalam mode bantuan pedal.

Baterainya sendiri memiliki kapasitas daya listrik sebesar 18.650 mAh. Dalam keadaan kosong, baterai ini dapat diisi hingga penuh dalam waktu 5 jam. Oiya, kecepatan motor listriknya hingga 25 km/jam.

Demi mamastikan keamanan pengendara, Himo Z16 mengadopsi sistem rem cakram ganda. Ini berbeda seperti kebanyakan sepeda listrik di pasar yang masih menggunakan tipe rem tromol di untuk roda belakangnya. Ada pula reflektor berwarna merah di bawah jok untuk memastikan sepeda selalu terlihat oleh pengendara lain pada waktu malam.

Belum ada informasi lebih lanjut apakah sepeda listrik Xiaomi Himo Z16 akan tersedia di luar pasar Tiongkok. Xiaomi membanderol sepeda tersebut dengan harga CNY2499 (Rp5,5 juta).

Share
back to top