sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
Minggu, 26 Jan 2020 08:57 WIB

Selamat ulang tahun ke-36, Macintosh!

Macintosh original diluncurkan dengan layar hitam dan putih sebesar 9-inci dengan Motorola 68000 80MHz,128KB RAM dan floppy drive 3,5 inci di dalamnya yang berharga Rp35 juta.

Selamat ulang tahun ke-36, Macintosh!
Credit : Wccftech

Macintosh pada saat ini merupakan salah satu komputer high-end milik Apple yang digunakan oleh jutaan profesional di seluruh dunia. Komputer ini terkenal memiliki stabilitas yang baik, serta kemampuan untuk mengedit video lebih baik dari para pesaingnya.

Nah, bagi kalian yang tidak tahu, komputer ini pertama kali diperkenalkan oleh mantan CEO Apple, Steve Jobs pada 24 Januari 1984. Ini berarti, komputer tersebut saat ini sudah berusia 36 tahun.

Seperti diketahui, Macintosh original pertama kali diluncurkan dengan layar hitam dan putih sebesar 9-inci. Untuk jeroannya, mereka menggunakan prosesor Motorola 68000 80MHz dengan 128KB RAM dan floppy drive 3,5 inci.

Macintosh memiliki berat 17 pound atau sekitar 7,7Kg. Sesuai iklannya, mesin menawarkan paket grafis, program pengolah kata, dan mouse. Kala itu, komputer ini merupakan salah satu komputer yang revolusioner.

Wccftech (25/1/2020) melaporkan, acara perkenalan yang dilakukan Steve Jobs pun sangat memukau. Dia mengeluarkan Macintosh dari sebuah tas dan diletakkan di atas meja. Setelah dinyalakan, sebuah tulisan di layar menampilkan tulisan, “Halo, saya Macintosh. Senang rasanya bisa keluar dari tas itu.”

Seraya dengan tulisan tersebut, di layar juga tertulis, “Tidak terbiasa dengan pembicaraan di depan umum, saya ingin membagikan kepada Anda pepatah yang saya pikirkan saat pertama kali bertemu dengan mainframe IBM: JANGAN PERCAYA KOMPUTER YANG TIDAK BISA ANDA ANGKAT!”

“Jelas, saya dapat berbicara, tetapi saat ini saya ingin duduk dan mendengarkan. Jadi, dengan bangga saya memperkenalkan seorang pria yang sudah seperti ayah bagi saya ... STEVE JOBS.”

Harga yang harus dibayar oleh pengguna saat itu adalah sekira USD2.495 atau sekira Rp35 juta. Terlepas dari harga yang lumayan, Macintosh dapat terjual dengan sangat baik, dengan berhasil terjual sebanyak 70.000 unit pada Mei 1984.

Apple juga berinvestasi dalam iklan Super Bowl ikonik "1984" yang memulai debutnya beberapa hari sebelum komputer baru mereka dipamerkan ke dunia. Macintosh kemudian menjadi sangat sukses dan Apple meluncurkan Macintosh II, Macintosh Classic, PowerBook, PowerBook Macintosh, iMac G3, dan sebagainya. 

Lineup terus meluas dan mengarah ke lineup saat ini. Selamat ulang tahun ke-36, Macintosh!

 

 

Share
back to top