Sekarang belanja online di Blibli bisa diambil di Alfamart

Mengadopsi konsep online-to-offline (O2O), Blibli bekerja sama dengan sejumlah perusahaan ritel menawarkan pengalaman belanja online sekaligus offline.

Blibli mengenalkan cara baru dalam memberikan pengalaman bertransaksi bagi pengguna. Mengadopsi konsep online-to-offline (O2O), Blibli bekerja sama dengan sejumlah perusahaan ritel untuk menawarkan pengalaman belanja online sekaligus offline. Diantara perusahaan ritel yang digandeng Blibli adalah Alfamart dan Fujishop. 

Fitur yang disebut Click&Collect tersebut memungkinkan pengguna aplikasi Blibli untuk berbelanja di aplikasi, kemudian mengambil barang belanjaan secara langsung di gerai atau merchant yang menjadi mitra Blibli. Pengguna juga bisa memilih lokasi pengambilan di toko maupun merchant yang terjangkau dari lokasi rumah.

"Pakai fitur Click&Collect, bisa pilih barang dan pilih mau ambil dimana," kata Wisnu Iskandar  SVP Trade Partnership Consumer Electronic Group Blibli. 

Sebagai contoh, pelanggan melakukan pembelian dengan aplikasi Blibli dan memilih fitur Click&Collect yang terlihat di laman utama aplikasi. Setelah memilih produk, pelanggan bisa menentukan pengambilan barang di toko ritel terdekat misalnya Alfamart. Selanjutnya, pelanggan harus melakukan pembayaran dengan beberapa metode yang tersedia seperti transfer bank atau kartu kredit.

Lebih lanjut pelanggan akan mendapatkan notifikasi serta unicode melalui email, yang bisa digunakan untuk meverifikasi transaksi. Belanjaan pelanggan akan disiapkan oleh ritel terkait dalam waktu maksimal 2 jam. Dengan menunjukkan bukti transaksi yang dikirim melalui email, pelanggan bisa membawa produk belanjaan mereka.

Saat ini Blibli telah menggandeng 28 merchant dengan 3.000 ritel untuk menjalankan Click&Collect. Fitur itu juga bisa digunakan di lima kota, mencakup Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Bali, dan Semarang. 

Upaya adopsi omnichanel ini sekaligus menjadi praktik Blibli menyambut era e-commerce 4.0. Dijelaskan Wisnu, era e-commerce mengharuskan perusahaan ritel dan e-commerce untuk bekerja sama.

"Kita di era e-commerce 4.0, dimana ritel dan e-commerce harus kerja sama. 2010 era dimana big player masuk di 3.0. Nah 4.0 sekarang, online harus kolaborasi dengan offline," ujarnya.

Sejatinya fitur Click&Collect telah disediakan sejak awal tahun di Blibli. Wisnu mengungkapkan fitur ini telah mendorong peningkatan volume pemesanan hingga setidaknya 250.000 order per Juni 2019. Kedepannya Blibli menargetkan peningkatan volume pemesanan hingga 1,5 juta di akhir tahun dan 12.000 toko ritel yang menjalankan fitur Click&Collect.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: