sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Kamis, 16 Apr 2020 15:25 WIB

Seberapa asyik main gim di Galaxy S20 Plus?

Kemampuan menjalankan gim jadi salah satu faktor dalam memilih smartphone. Lantas, se-asyik apa main gim di Samsung Galaxy S20 Plus?

Seberapa asyik main gim di Galaxy S20 Plus?

Kebutuhan bermain gim bisa menjadi salah satu alasan kenapa orang membeli smartphone. Pasalnya, gim mobile terbilang praktis dan bisa dimainkan di mana saja. Apalagi saat ini popularitas gim mobile di smartphone sudah mulai melambung tinggi. 

Tidak dapat dipungkiri diperlukan spesifikasi yang mumpuni untuk dapat memainkan gim dengan pengalaman yang terbaik. Selain itu, fitur-fitur pendukung bermain gim juga tidak lupa disematkan untuk menjanjikan pengalaman yang lebih baik lagi.

Pada dasarnya, Samsung memang bukan ponsel gaming. Meski begitu, bukan berarti tidak bisa digunakan untuk bermain gim, seperti yang ada di Galaxy S20 Plus. 

Semua pasti tahu kalau Samsung S20 Plus merupakan seri flagship Samsung di semester ini. Smartphone ini hadir dengan chipset Exynos 990, RAM 8GB dan memori internal 512GB. Soal kamera, kualitasnya tidak perlu ditanyakan lagi. Lantas bagaimana dengan performa gaming-nya? 

Untuk melihat performanya, ada dua gim yang dimainkan dan keduanya merupakan gim populer yang membutuhkan kinerja CPU dan GPU yang cukup berat, yakni PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile. Kedua gim ini juga menyediakan sesi permainan yang cukup panjang. Cocoklah untuk melihat seberapa tahan performa smartphone ini dalam menjalankan gim untuk waktu yang lama. Hal itu bertujuan juga untuk menguji seberapa cakap fitur Game Launcher yang terdapat di Samsung Galaxy S20 Plus.

Gim pertama yang dimainkan adalah PUBG Mobile. Tidak tanggung-tanggung, gim ini dimainkan selama setidaknya 2 jam tanpa henti. Ada beberapa trik untuk menikmati gim ini di Samsung Galaxy S20 Plus, seperti pengaturan Smooth Extreme hingga aktivasi gyroscope untuk membantu aim

Frame rate Extreme memungkinkan kami untuk bermain dengan fps tinggi, maksimal 60fps. Tidak lupa, dukungan Game Launcher juga diaktifkan. Jika kebanyakan vendor smartphone memilih untuk menaikkan kinerja prosesor dengan fitur gaming-nya, Samsung justru fokus pada kontrol temperatur. Pasalnya, prosesor yang memanas bisa berujung pada berkurangnya performa smartphone. Masalah yang kerap terjadi adalah lag atau bahkan freezing

Secara keseluruhan gim PUBG Mobile dapat dijalankan dengan lancar. Tidak ditemui adanya gejala freezing selama dua jam sesi permainan tersebut. Pun ketika bergerak cepat di dalam gim, misalnya naik mobil atau motor, frame rate-nya masih terjaga dengan baik. Gim bisa dijalankan dengan stabil tanpa kendala berarti. 

 

Game Booster di Samsung Galaxy S20 Plus janjikan performa  permainan terbaik

 

Yang menarik adalah bagaimana fitur Game Launcher ini ternyata mampu membuat permainan menjadi lebih menyenangkan. Suhu smartphone terpantau stabil. Sesekali memang menghangat, namun fitur ini dengan aktif langsung mengontrolnya ke suhu yang nyaman untuk dimainkan. 

Untuk melihat perbedaannya, fitur temperature control itu sengaja dinonaktifkan. Hasilnya suhu smartphone pun semakin menghangat dan konsumsi baterainya semakin boros. Kalau mau dibandingkan, dengan fitur temperature control, sesi permainan setengah jam hanya mengkonsumsi baterai sebanyak 9% saja. Sebaliknya, jika fitur itu dimatikan, konsumsi baterai melonjak menjadi sampai 15% dalam durasi yang sama. 

Faktor lain yang membuat permainan gim di Galaxy S20 Plus berlangsung dengan baik adalah dukungan bodinya yang ramping. Ya! Dengan bodi yang ramping dan nyaman digenggam, memudahkan kami untuk mengakses tombol-tombol virtual di layar. Semua akses bisa ditempatkan pada sisi smartphone tanpa harus mengambil area tengah. Hal ini membuat area pandang ketika bermain gim menjadi lebih luas. 

 

Desain ramping mendukung genggaman saat bermain gim

 

Setali tiga uang, permainan Call of Duty Mobile juga bisa dijalankan dengan sangat baik oleh Galaxy S20 Plus. Dengan pengaturan grafis high dan frame rate maksimal, S20 Plus menjanjikan pengalaman yang menarik ketika memainkan gim ini. Sama halnya ketika bermain PUBG Mobile, dukungan Game Launcher sukses membuat gim ini berjalan dengan maksimal. 

Dukungan layar AMOLED-nya juga memberikan kontras yang baik ketika bermain gim. Konten di layar bisa ditampilkan dengan sangat jelas. Tidak hanya itu, layarnya juga responsif menerima respon jari. Selama bermain 4 jam tanpa henti, mulai dari PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile, Samsung Galaxy S20 Plus mampu menanganinya dengan baik. 

Nah, salah satu fitur lain yang cukup membantu adalah gyroscope yang sensitif. Sensitivitasnya sebenarnya bisa diatur di dalam gim. Namun secara default, tidak ada kendala dalam menggunakan gyroscope. Bagi sebagian besar pemain First Person Shooter (FPS), gyroscope menjadi salah satu aspek penting yang harus diaktifkan. 

Kalau mau dijawab pertanyaan: seberapa asyik main gim di Galaxy S20 Plus? Jawabannya jelas asyik. Layar jernih, sensitif terhadap sentuhan, rancang bangun ergonomis, dan dukungan Game Launcher berhasil membuat pengalaman bermain yang asyik di smartphone ini. 
 

Editor
Share
×
tekid
back to top