sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
Rabu, 01 Jan 2020 15:59 WIB

Sarung tangan VR ini bisa bikin pengguna rasakan lingkungan virtual

Sarung tangan baru itu dapat digunakan dalam kombinasi dengan perlengkapan pakaian VR lengkap atau secara terpisah.

Sarung tangan VR ini bisa bikin pengguna rasakan lingkungan virtual
Source: Teslasuit via Engadget

Salah satu teknologi yang akan meningkatkan pengalaman VR adalah layar berkualitas unggulan serta menawarkan refresh rate tinggi. Satu peralatan yang masih belum tersedia secara luas adalah sarung tangan haptic yang dapat memberikan umpan balik (feedback) sentuhan agar pengguna dapat merasakan lingkungan virtual.

Dilansir dari Engadget (28/12), perusahaan yang memproduksi setelan VR seluruh tubuh, Teslasuit, baru saja mengumumkan sarung tangan berbasis VR bernama Teslasuit Glove. Perangkat sarung tangan canggih ini mampu mendeteksi gerakan tangan pemakai dan memberikan umpan balik tactile.

Sarung tangan baru itu dapat digunakan dalam kombinasi dengan perlengkapan pakaian VR lengkap atau secara terpisah. Teslasuit menyatakan Glove mampu mengintegrasikan “haptic, penangkapan gerak, biometri dan gayafeedback” untuk memungkinkan pengguna merasakan tekstur virtual. Ini berpotensi digunakan untuk sistem tele-control atau rehabilitasi medis, dan perusahaan mengklaim dapat mengumpulkan data secara real-time sehingga dapat digunakan untuk memantau tingkat stres atau denyut jantung pengguna.

Teslasuit pertama kali menjadi terkenal dengan Kickstarter untuk setelan VR seluruh tubuh miliknya pada tahun 2016, meskipun The Verge mengatakan pada akhirnya proyek itu ditinggalkan dan ini bukan pertanda baik. Namun, setelan VR seluruh tubuh mambuahkan hasil dan dipresentasikan pada ajang CES 2018.

Meskipun ada banyak video tentang VR tersebut, perangkat ini hanya tersedia untuk pelanggan bisnis, bukan masyarakat umum. Setelah VR ini didemokan lagi di CES 2019, di mana perusahaan mengatakan itu bakal digunakan untuk tugas-tugas di lingkungan berbahaya termasuk pelatihan astronot, pelatihan pemuatan bahan bakar dan pelatihan evakuasi darurat.

Share
back to top