sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Rabu, 16 Sep 2020 11:38 WIB

Samsung umumkan sensor kamera ISOCELL dari resolusi 32 MP hingga 108 MP

Dengan teknologi ISOCELL 0,7 mikrometer yang baru, salah satu raksasa asal Korea Selatan ini bertujuan untuk memperluas penawaran resolusi ultra tinggi ke ponsel mainstream.

Samsung umumkan sensor kamera ISOCELL dari resolusi 32 MP hingga 108 MP
Source: Gizmochina

Belum lama ini Samsung Electronics mengumumkan empat sensor kamera ISOCELL terbaru untuk jajaran produk dengan ukuran photosite sebesar 0,7 mikrometer. Jajaran sensor kamera ini adalah ISOCELL HM2 dengan resolusi 108 MP, ISOCELL GW3 dengan resolusi 64 MP, ISOCELL GM5 dengan resolusi 48 MP, dan ISOCELL JD1 yang beresolusi 32 MP.

Dengan teknologi ISOCELL 0,7 mikrometer yang baru, salah satu raksasa asal Korea Selatan ini bertujuan untuk memperluas penawaran resolusi ultra tinggi ke ponsel mainstream. Ukuran photosite piksel ini akan memungkinkan kamera menjadi lebih baik dengan desain ponsel yang tipis.

Dilansir dari Gizmochina (16/9), sensor-sensor tersebut berukuran hingga 15 persen lebih kecil dari sensor tipe 0,8 mikrometer dengan resolusi yang sama dan mengurangi tinggi moduk kamera hingga 10 persen. Form factor yang lebih kecil memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada produsen untuk fitur tambahan dan desain yang lebih ramping.

Perusahaan tersebut telah mengumumkan teknologi ISOCELL Plus dan Smart-ISO mutakhir, yang menurut mereka dioptimalkan secara khusus untuk 0,7 mikrometer. Samsung menambahkan bahwa ISOCELL Plus mempertahankan cahaya yang diterima, sementara Smart-ISO memanfaatkan sepenuhnya cahaya yang masuk dengan menyesuaikan ISO secara pintar.

Samsung ISOCELL HM2 adalah sensor kamera 108 MP ketiga dari perusahaan setelah HMX dan HM1. Sensor ini memiliki Super PD, solusi PDAF yang lebih cepat dan lebih efektif, serta dilengkapi dengan teknologi binning sembilan piksel serta zoom lossless 3x.

Sedangkan sensor gambar ISOCELL GW3 64 MP dioptimalkan untuk perangkat mainsteam dan dilengkapi dengan teknologi Tetracell dan Smart-ISO. Ini juga memiliki fitur stabilisasi gambar elektronik (EIS) berbasis gyro agar hasil foto lebih tajam serta video yang lebih stabil. Sensor tersebut juga dapat merekam hingga resolusi 4K pada 60 fps.

Di sisi lain, ISOCELL GM5 48 MP dirancang untuk digunakan pada kamera telefoto maupun sudut ultra lebar. Ini menawarkan fitur HDR yang lebih cerah dan jelas dengan minim gangguan noise. Sensor ini juga dikatakan memiliki teknologi HDR yang lebih cepat dan lebih hemat daya.

Terakhir, ISOCELL JD1 32 MP ditujukan untuk ponsel dengan layar bezel tipis dengan mekanisme pop-up untuk kamera depan. Seperti GM5, JD1 juga merupakan sensor gambar ISOCELL pertama yang menawarkan HDR berkualitas tinggi.

Samsung mengatakan bahwa sensor HM2, GW3, dan JD1 saat ini sedang diproduksi secara massal. Sementara perusahaan tersebut telah mulai memberikan sampel GM5 kepada pelanggan.

Share
×
img
×
tekid
back to top