sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Sabtu, 03 Des 2022 11:44 WIB

Samsung umumkan kunci pintu pintar dengan teknologi UWB pertama di dunia

Samsung bekerja sama dengan Zigbang untuk meluncurkan kunci pintu pintar dengan teknologi berbasis Ultra Wide Band (UWB).

Samsung umumkan kunci pintu pintar dengan teknologi UWB pertama di dunia

Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung telah bekerja sama dengan Zigbang untuk merilis kunci pintu pintar dengan chip Ultra-Wide Band (UWB). Zigbang SHP-R80 UWB Digital Key Door Lock adalah kunci pintu pintar berbasis UWB pertama di dunia yang dapat dibuka tanpa menyentuh ponsel yang terhubung. Hadirnya kunci pintu pintar ini adalah puncak dari kolaborasi antara Samsung dan Zigbang.

Kunci pintu pintar itu mendeteksi kunci rumah digital di wallet ponsel Samsung pengguna. Dengan demikian, pengguna tidak perlu menempelkan ponsel ke kunci atau membuka aplikasi. Dilansir dari Gizmochina (3/12), teknologi Ultra Wide Band menggunakan gelombang radio seperti Wi-Fi atau Bluetooth untuk komunikasi jarak pendek.

Namun, pita frekuensi tinggi memastikan bahwa pengukuran jarak yang tepat dan pendeteksian arah sinyal yang benar sudah tercapai. Teknologi UWB juga memberikan perlindungan yang lebih baik dari peretasan karena jangkauannya yang pendek. Fungsionalitas UWB diaktifkan melalui kunci rumah digital yang ditambahkan ke Wallet Samsung di ponsel.

Berkat aplikasi Zigbang, kunci pintar dengan UWB dapat memberitahu anggota rumah mengenai identitas orang yang membuka kunci pintu. Jika kehilangan ponsel, pengguna dapat menonaktifkan kunci rumah digital menggunakan tool Find My Mobile. Jika ini tidak dilakukan, penyusup dapat menggunakan kunci rumah digital untuk memasuki rumah.

Samsung Galaxy Fold 4 dan Galaxy S22 Ultra mendukung fungsionalitas UWB dan akan kompatibel dengan kunci pintu pintar tersebut. Kedua ponsel itu dapat menggunakan Samsung Pay untuk membuka kunci pintar Zigbang. Zigbang SHP-R80 UWB Digital Key Door Lock akan meluncur di Korea Selatan meskipun harganya belum diketahui. Kunci pintu pintar Zigbang juga akan dirilis ke pasar lain di luar Korea Selatan.

Share
×
tekid
back to top