sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 27 Agst 2022 09:10 WIB

Samsung uji coba chipset generasi terbaru, ada Google Tensor 2?

Salah satu chipset buatan Samsung yang tengah diuji coba saat ini berpotensi menjadi prosesor Tensor generasi selanjutnya.

Samsung uji coba chipset generasi terbaru, ada Google Tensor 2?

Produsen smartphone asal Korea Selatan, Samsung, dilaporkan tengah melakukan uji coba untuk sejumlah chipset baru yang mereka produksi. Berdasarkan kabar yang beredar, salah satunya akan berpotensi menjadi chipset Google Tensor generasi berikutnya. 

Seperti diketahui, Samsung telah membantu Google untuk membangun jajaran chipset Tensor yang digunakan dalam berbagai perangkat. Prosesor Tensor generasi pertama, yang digunakan di smartphone Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, merupakan versi modifikasi dari chipset Exynos 2100.

Berdasarkan laporan dari GalaxyClub, seperti dikutip melalui Sammobile (26/8), Samsung saat ini tengah menguji dua chipset baru. Salah satunya merupakan penerus prosesor Exynos 1280 yang diduga akan hadir dengan merek Exynos 1380. 

Sementara itu, chipset lain yang sedang diuji coba oleh Samsung ini mempunyai nomor model S5P9865. Jika melihat nomor model chipset Google Tensor generasi pertama yakni S5P9845, maka chipset tersebut kemungkinan bakal menjadi prosesor generasi selanjutnya dari Google. 

Prosesor yang diduga menjadi generasi Tensor berikutnya ini akan diuji pada papan pengembang dengan nama kode ‘Ripcurrent’. Lebih lanjut, berdasarkan prediksi dari Sammobile, chipset ini akan disematkan untuk perangkat seri Google Pixel 8. 

Ini berarti chipset tersebut kemungkinan bukan Tensor 2 yang akan digunakan pada smartphone Pixel 7 dan Pixel 7 Pro. Adapun untuk chipset Tensor 2 sendiri, disebut mempunyai nama kode ‘Cloudripper’ pada papan pengembang. 

Di sisi lain, chipset yang akan menjadi penerus Exynos 1280 dihadirkan perusahaan denan nomor model S5E8835. Prosesor ini kemungkinan akan disematkan ke sejumlah smartphone Samsung Galaxy kelas menengah pada tahun 2023.

Share
×
tekid
back to top