Samsung: Tren monitor di atas 30 inci meningkat

Permintaan akan monitor di atas 30 inci dari tahun ke tahun meningkat hingga 27 persen

Samsung: Tren monitor di atas 30 inci meningkat Samsung gaming monitor, CHG90

Samsung hari ini (1/2) meluncurkan produk monitor 49 inci terbaru mereka bernama CHG90. Monitor yang tidak biasa, karena seperti gabungan dari dua monitor 27 inci. Tidak hanya itu saja, monitor CHG90 ini berdesain melengkung.

Data International Data Corporation (IDC) yang dipaparkan pihak Samsung memang menunjukkan, bahwa permintaan akan  monitor di atas 30 inci terus meningkat. Pertumbuhannya dari tahun ke tahun terus tumbuh di angka 27 persen. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Galaxy A70s bakal bawa kamera 64MP

Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus laris manis di Korea Selatan

Samsung Galaxy A10s resmi rilis di Indonesia


Data ini menunjukkan, kebutuhan monitor besar saat ini menggeser tren masa lalu. Albert Susilo, Head of Monitor Business Samsung Indonesia mengatakan, Samsung tidak mau ketinggalan dalam menangkap tren pasar ini. Itu sebabnya mereka meluncurkan produk monitor berukuran lebar.

Albert lebih lanjut lagi menjelaskan bila cara kerja dan kebutuhan pengguna, membuat permintaan akan perangkat monitor di atas 30 inci menjadi tinggi. Beberapa profesi harus fokus memonitor banyak data di lebih dari satu layar. 

"Pengguna monitor besar ini biasanya pekerja yang duduk lama di depan monitor, di atas 8 jam sehari," ujar Albert.

Lebih jauh lagi ia mengatakan, pengguna seperti ini juga membutuhkan teknologi monitor yang bisa menjaga kenyamanan pandangan mereka. Tidak henti di kalangan profesional, gamers juga membutuhkan monitor berspesifikasi tinggi agar nyaman memainkan gim favorit mereka.

"Bicara soal gamer, menurut data Newzoo. Indonesia ada di urutan ke 16 di dunia dalam pasar gaming. Ada 43,7 juta gamer di Indonesia saat ini," ujarnya.

45 persen penggemar gim di Indonesia masih bermain di PC. Ini pasar yang menarik bagi produsen monitor gaming, seperti Samsung. Oleh karena itu, produk-produk monitor yang menawarkan teknologi terbaru harus diluncurkan.

Spesifikasi monitor

CHG90 yang hari ini diluncurkan Samsung merupakan monitor QLED berteknologi High Dynamic Range (HDR). Teknologi ini seringkali kita temukan di televisi premium atau display format besar untuk keperluan penayangan video komersil.

Visualisasi yang dihasilkannya ada pada rasio 32:9 beresolusi 3.840x1080 piksel. Samsung menyebutnya sebagai double full HD (DFHD). Secara desain, layar CHG90 ini melengkung, sehingga sudut pandang pengguna jadi lebih nyaman.

Bicara soal rasio yang tidak biasa, 32:9, pengembang gim sudah mengembangkan visualisasi gim-gim mereka untuk beradaptasi dengan rasio selebar itu. Hasilnya, pandangan pemain jadi lebih luas. Sudut-sudut yang biasanya menjadi titik mati di dalam permainan tembak-tembakan, (FPS), jadi terlihat jelas dalam monitor ini.

Sementara bagi para profesional, CHG90 memiliki fungsi Picture-by-picture. Fungsi ini mendukung koneksi simultan pada dua masukan berbeda. Artinya, pengguna akan mampu merasakan pemakaian seperti dua layar digabung jadi satu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: