Samsung persiapkan prosesor Exynos penantang Snapdragon 855 Plus

Dikarenakan menggunakan teknologi fabrikasi yang sama, Exynos 9825 akan memiliki performa yang sama dengan Snapdragon 855 Plus.

Samsung persiapkan prosesor Exynos penantang Snapdragon 855 Plus Ilustrasi prosesor Exynoe (Samsung)

Qualcomm baru saja meluncurkan prosesor terbaru mereka, yakni Snapdragon 855 plus. Prosesor ini merupakan prosesor terkuat milik Qualcomm, dan digunakan untuk smartphone khusus gaming.

Tak lama kemudian, Samsung pun mengabarkan bahwa mereka akan segera memperkenalkan prosesor terbaru mereka, yang akan memiliki performa yang lebih baik dari pendahulunya.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

AMD Ryzen Threadripper 3000 akan dukung RAM quad-channel

Intel akan mulai jual Core i9-9900KS Oktober mendatang

Intel akui takluk dari AMD


Kabar terbaru mengatakan, prosesor yang dimaksud adalah Exynos 9825. Prosesor ini akan digunakan untuk smartphone flagship terbaru mereka, yakni Galaxy Note 10, yang akan meluncur beberapa hari lagi.

Samsung diharapkan akan dapat mengoptimalkan clock dan kinerja mentah dari prosesor tersebut. Hal ini dikarenakan mereka menggunakan teknologi fabrikasi 7nm extreme ultraviolet lithography (EUV), yang juga dipakai oleh Qualcomm, seperti dilaporkan Wccftech (5/8/2019).

Secara teoritis, prosesor baru Samsung tersebut akan setara dengan Snapdragon 855 Plus dalam hal efisiensi, dan tergantung pada wilayah mana Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus dijual.

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut diperkirakan akan menggunakan modem Exynos 5100, yang mendukung 5G. Akan tetapi, sekali lagi Samsung hanya akan menggunakan prosesor dengan modem tersebut di beberapa negara tertentu saja.

Di Amerika misalnya, para pengguna dikabarkan tidak akan mendapatkan prosesor Exynos, melainkan akan menggunakan versi Snapdragon 855 plus. Meski demikian, masih belum diketahui apakah pengguna akan mendapatkan versi 5G atau tidak.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: