sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 06 Okt 2020 14:34 WIB

Samsung hentikan dukungan AR di Bixby

Samsung dilaporkan akan menghentikan dukungan AR di Bixby. Hal ini diketahui setelah adanya pemberitahuan kepada pengguna yang hendak mengakses Bixby Vision dari aplikasi kamera Samsung.

Samsung hentikan dukungan AR di Bixby

Asisten pintar menjadi salah satu penunjang pengalaman yang ditawarkan di perangkat smartphone. Google sudah membuktikannya melalui Google Assistant. Nah, beberapa OEM juga memiliki teknologi serupa, misalnya Samsung dengan Bixby

Perusahaan asal Korea Selatan ini pertama kali memperkenalkan Bixby pada 2018 ketika meluncurkan Galaxy S8. Samsung juga terus mengembangkan kemampuan Bixby, di antaranya adalah Bixby Vision, yang dapat mengenali konten di layar hingga menggunakan teknologi Augmented Reality. Sayangnya kabar terbaru menyebutkan kalau Samsung akan menghentikan dukungan AR di Bixby. 

Dilansir dari Android Police (6/10), pengguna Samsung yang mencoba mengakses Bixby Vision melalui aplikasi kamera Samsung akan mendapatkan pemberitahuan mengenai perubahan layanannya. Detail itu memberitahu kalau dukungan fitur AR di Bixby Vision akan dihentikan pada akhir Oktober ini. 

Pemberitahuan itu menunjukkan kalau setelah Oktober, pengguna Samsung tidak lagi bisa menggunakan fitur AR termasuk dukungan lain di dalamnya, seperti tempat, make up hingga tampilan dekorasi rumah. 

Kendati begitu, beberapa fungsi Bixby lainnya dilaporkan masih dapat digunakan, seperti penerjemah, quick reader dan scene describing. Tidak diketahui dengan pasti apa alasan Samsung menghentikan dukungan AR di Bixby Vision. Padahal beberapa perusahaan lain, misalnya Google masih mengandalkan AR di beberapa layanannya. 

Sebelumnya Google memang dilaporkan berusaha melobi Samsung untuk menghentikan Bixby dan menggunakan Google Assistant sepenuhnya. Tidak hanya itu, lobi itu juga termasuk tidak lagi menggunakan Galaxy Store di smartphone buatannya. Laporan yang ada menyebut kalau Google berusaha menawarkan pembagian keuntungan dalam lobi tersebut. 

Jika penutupan dukungan AR di Bixby ini merupakan bagian dari lobi yang dilakukan beberapa bulan lalu, Samsung kemungkinan juga akan menghentikan seluruh layanan Bixby dan Galaxy Store di semua ponsel buatannya. 
 

Share
×
tekid
back to top