sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Kamis, 25 Apr 2019 20:02 WIB

Samsung hadirkan TV 8K seharga mobil Mercedes-Benz ke Indonesia

Televisi Samsung Q900R diinformasikan memiliki resolusi empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan 4K dan 16 kali lebih tinggi dibandingkan dengan resolusi Full HD.

Samsung hadirkan TV 8K seharga mobil Mercedes-Benz ke Indonesia

Pada pertengahan tahun 2013 lalu, televisi beresolusi Ultra High Definition (UHD) atau yang lebih akrab disapa dengan 4K mulai berdatangan dari berbagai pabrikan ternama. Kala itu televisi 4K masih sangat asing mengingat konten yang dihadirkan masih mengusung resolusi Full HD. Tetapi semenjak Panasonic mengenalkan Blu-ray player 4K pertama di dunia lewat DMR-UBZ1, konten beresolusi 4K natif perlahan tetapi pasti sudah mulai menjamur di seluruh dunia. Saat ini, konten 4K bukan saja dapat dinikmati via Blu-ray player, tetapi juga lewat layanan streaming seperti Netflix, YouTube, dan sebagainya.

Tetapi mungkin kini teknologi resolusi 4K sudah mulai terasa lawas. Teknologi resolusi panel televisi selanjutnya adalah 8K. Salah satu pabrikan yang menghadirkan televisi beresolusi 8K adalah Samsung. Hari ini (25/4), perusahaan asal Korea Selatan tersebut menghadirkan televisi QLED 8K seri Q900R di Indonesia. Ukuran televisi beresolusi tinggi tersebut adalah 65, 75, 82, dan 98 inci.

Resolusi 8K sendiri memiliki jumlah resolusi 33 juta piksel atau 7680 x 4320 piksel. Dengan besaran resolusi tersebut, televisi Samsung Q900R diinformasikan memiliki resolusi empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan 4K dan 16 kali lebih tinggi dibandingkan dengan resolusi Full HD.

“Awal diperkenalkannya, televisi beresolusi UHD atau 4K memang banyak yang meragukan, tetapi saat ini sudah banyak konten yang memiliki resolusi 4K. Kami tidak ingin membuat konsumen menunggu televisi beresolusi 8K. Oleh karena itu, kami mau menghadirkan masa depan sekarang,” kata Senior Product Marketing Manager TV and Audio Visual,Samsung Electronics Indonesia, Ubay Bayanudin.

Samsung mengklaim teknologi QLED miliknya mampu menghadirkan pancaran warna yang paling baik dibandingkan dengan teknologi panel konvensional. Kecerahan yang dimilikinya pun mampu mencapai hingga 5000 nit agar tampilan tetap cerah tanpa terganggu pantulan cahaya sekitar. Teknologi ini juga menjanjikan kamu melihat detil pada layar yang seperti aslinya.

Berbeda dengan panel OLED, televisi berbasis QLED masih mengandalkan lampu LED sebagai penerangan panel layarnya. Agar menghasilkan tingkat kehitaman yang pekat, Samsung menerapkan konsep penerangan latar full-array local dimming sehingga kontras yang dihadirkan terlihat sangat baik. Selain itu, tingkat kehitaman akan lebih pekat jika dibandingkan dengan televisi LED berbasis penerangan edge-lit.

Dengan kemampuan AI pada Machine Learning Super Resolution, konten pada Samsung Q900R dapat ditingkatkan menjadi kualitas 8K yang memukai. Dengan demikian pengguna tidak perlu menunggu konten 8K natif untuk menikmati film beresolusi tinggi.

Samsung mengklaim AI tersebut akan semakin pintar melakukan upscalling jika semakin banyak konten yang ditonton. Kamu dapat menikmati resolusi 8K hasil upscalling dari konten apapun termasuk Blu-ray, USB, konten streaming, internet, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga masih dapat menikmati konten beresolusi 8K ketika menonton siaran dari acara stasiun televisi menggunakan antena. Pasalnya, televisi Samsung Q900R mampu menghadirkan resolusi 8K meski dari resolusi Standard Definition (SD).

Saya sempat mencoba seberapa andal hasil upscalling 8K dari resolusi SD, HD, Full HD, dan 4K. Pada peningkatan resolusi dari SD, hasil yang tampak memang terlihat bagus, tetapi tidak terlalu sempurna karena ada beberapa gangguan grain. Tetapi pada proses upscalling dari resolusi HD, gangguan grain cukup dapat ditangani. Meski demikian, warna yang dihasilkan dari proses upscalling 8K dari SD maupun HD menampilkan warna yang bagus dan wajah orang yang segar jika dibandingkan dengan televisi yang tidak menggunakan chip Quantum Processor 8K. Ketika televisi Samsung Q900R melakukan upscalling dari resolusi Full HD dan 4K ke resolusi 8K, saya melihat layaknya televisi menampilkan konten beresolusin 8K natif.

Jika kamu tertarik memiliki televisi beresolusi 8K Samsung Q900R untuk menikmati konten lebih detil ketika menonton Netflix atau yang lainnya, siapkan uang Rp80.499.000 untuk ukuran 65 inci, Rp119.999.000 untuk ukuran 75 inci, Rp166.999.000 untuk ukuran 82 inci, dan Rp1.499.000.000 untuk ukuran 98 inci.

Share
×
tekid
back to top