sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
Jumat, 22 Jan 2021 09:47 WIB

Samsung akan produksi massal layar OLED untuk laptop

Samsung Display akan mulai memproduksi massal layar OLED untuk laptop yang memiliki kecepatan rate hingga 90Hz dengan panel berukuran 14 inci.

Samsung akan produksi massal layar OLED untuk laptop
Source: Wallpaper Cave

Tahun 2021 dikabarkan akan banyak bermunculan laptop dengan layar OLED. Hal ini sejalan dengan Samsung Display yang baru saja mengumumkan rencana untuk memproduksi massal layar OLED 90Hz pertama di dunia yang dirancang untuk laptop. Mereka mengatakan bahwa beberapa perusahaan IT global diharapkan untuk merilis model dengan panel baru tahun ini. 
 
Dikutip dari The Verge (22/1), panel ini akan berukuran 14 inci. Waktu responnya diklaim lebih cepat dan jumlah pemburaman yang setara dengan panel LED 120Hz saat menampilkan konten yang bergerak cepat. Sejauh ini, Samsung belum mengungkapkan secara detail terkait spesifikasi dari panelnya, seperti rasio atau resolusi. Mitra OEM laptop yang potensial juga belum disebutkan di dalam laporannya. 
 
Untuk diketahui, layar OLED sebelumnya sangat jarang ditemukan di produk laptop. Kalaupun ada, itu adalah laptop gaming yang menawarkan opsi ini, namun harus merelakan kecepatan refresh rate yang akan turun. Meski Samsung tahun lalu mengumumkan bahwa Galaxy Chromebook akan dilengkapi layar OLED, rencana ini gagal dan menggantinya dengan layar LCD bermerek QLED di 2021.  
 
Sebagai vendor layar panel terbesar di dunia, pengumuman ini akan berpengaruh besar, di mana industri laptop pada 2021 akan dipenuhi dengan laptop-laptop baru berlayar OLED. 

Masih bicara tentang OLED, panel ini juga memiliki nasib yang berbeda dalam industri layar lebar. Sebelumnya dikabarkan, bahwa pasar TV Mini LED akan menggeser TV OLED. Laporan UBI Research menginformasikan bahwa perusahaan asal Tiongkok TCL akan memimpin pengembangan TV berbasis Mini LED, meskipun pasar itu akan dipimpin oleh perusahaan raksasa seperti Samsung dan LG.

Share
×
tekid
back to top