sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
Kamis, 21 Jan 2021 09:18 WIB

TV Mini LED akan geser pasar TV OLED

TV berteknologi penerangan Mini LED pada dasarnya adalah panel LCD (Liquid Crystal Display) yang menggunakan lampu LED berukuran mikrometer di bagian belakang panel.

TV Mini LED akan geser pasar TV OLED

Ada sebuah laporan baru yang mengungkapkan bahwa panel layar berbasis teknologi penerangan Mini LED akan segera menjadi pemimpin pasar TV kelas atas pada tahun 2025. Hal ini akan mengalahkan pemimpin saat ini, TV OLED, dalam beberapa tahun mendatang.

Laporan UBI Research menginformasikan bahwa perusahaan asal Tiongkok TCL akan memimpin pengembangan TV berbasis Mini LED, meskipun pasar itu akan dipimpin oleh perusahaan raksasa seperti Samsung dan LG. Dilansir dari Gizmochina (21/1), laporan ini juga menambahkan bahwa setelah tahun 2024, TV Mini LED pada dasarnya akan mengambil alih OLED dalam hal pangsa pasar.

Sebagai informasi, TV berteknologi penerangan Mini LED pada dasarnya adalah panel LCD (Liquid Crystal Display) yang menggunakan lampu LED berukuran mikrometer di bagian belakang panel LCD selain penambahan lapisan film quantum dot.

Teknologi Mini LED disebut-sebut dapat meningkatkan kualitas color gamut dan rentang dinamis jika dibandingkan dengan TV LCD konvensional yang tersedia di pasar saat ini. TV model ini juga dapat memiliki hingga 3000 zona peredupan lokal (local dimming), sehingga meningkatkan contrast ratio keseluruhan panel sekaligus mengurangi gangguan blooming.

Sesuai laporan UBI Research, layar Mini LED harus memiliki zona peredupan lokal sebanyak jumlah piksel agar sesuai dengan performa panel berteknologi OLED. Namun, pengurangan ukuran LED hanya akan memungkinkan 1000 hingga 3000 zona peredupan.

Laporan tersebut juga menginformasikan bahwa dalam tahun ini sekitar 2,5 juta TV Mini LED akan dikirimkan.TV dengan teknologi Mini LED berharga sekitar USD1100 (Rp15 juta) untuk ukuran 65 inci. Tentu saja harga ini akan berbeda-beda pada ukuran yang sama tergantung jumlah zona peredupan lokal yang ditawarkan.

Share
×
tekid
back to top