sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
Senin, 21 Jun 2021 20:47 WIB

Saingi Clubhouse, Facebook resmi luncurkan Live Audio Rooms

Facebook secara resmi meluncurkan produk terbarunya, Live Audio Rooms. Ini merupakan platform podcast yang bergaya seperti Clubhouse.

Saingi Clubhouse, Facebook resmi luncurkan Live Audio Rooms
Source: Unsplash

Facebook secara resmi meluncurkan produk terbarunya, Live Audio Rooms. Ini merupakan platform podcast yang bergaya seperti Clubhouse. Selain fitur-fitur yang mirip Clubhouse, Live Audio Rooms juga dilengkapi dengan cara untuk menemukan dan memutar podcast.

Peluncuran Live Audio Rooms menandai keseriusan penggunaan audio secara sosial oleh Facebook. Raksasa media sosial ini memang sangat getol menarik pembuat konten agar mengisi dan meramaikan konten di Live Audio Rooms. Perusahaan mengatakan telah bermitra dengan tokoh masyarakat termasuk musisi, jurnalis, dan atlet dalam peluncuran Live Audio Rooms.

Peluncuran Live Audio Rooms sangat berpotensi menyaingi kesuksesan Clubhouse. Dilansir Reuters (21/6), Facebook mengatakan ingin menjadikan audio sebagai media kelas satu di platform-nya. Di sisi lain, banyak perusahaan yang juga telah meluncurkan produk seperti Live Audio Rooms milik Facebook, antara lain seperti Twitter dan Discord. Sementara itu, perusahaan seperti Slack, LinkedIn, dan Reddit saat ini juga sedang mengerjakan produk serupa.

Tokoh masyarakat dan grup Facebook di Amerika Serikat yang menggunakan iOS kini sudah dapat membuat konten di Live Audio Rooms. Layanan ini bisa menampung hingga 50 pembicara dan pendengar tanpa batas. Pengguna juga dapat saling mengundang orang tanpa ikon terverifikasi untuk bisa berbincang di Live Audio Rooms.

Pendengar akan dapat mengirim bintang sebagai mata uang virtual Facebook ke pembuat konten di Live Audio Rooms. Mark Zuckerberg, CEO Facebook mengatakan perusahaan tidak akan memotong pendapatan pembuat konten di Live Audio Rooms hingga 2023. Sejumlah podcast terpilih juga akan tersedia di Facebook untuk pendengar Amerika Serikat dan perusahaan mengatakan akan segera menambah daftar awal ini.

Kendati demikian, Live Audio Rooms juga akan menjadi tantangan tersendiri bagi Facebook. Sebab, Facebook yang banyak dikritik saat menangani konten bermasalah di seluruh produknya, akan menghadapi tantangan untuk memoderasi siaran audio langsung dan rekaman banyak pengguna. Saat ini, Facebook juga sedang mengerjakan proyek dengan Spotify untuk berbagi dan mendengarkan musik.

Share
×
tekid
back to top