Ryzen generasi ketiga akan dukung kecepatan RAM hingga 5000 MHz

Para pengguna diharapkan akan melihat peningkatan performa prosesor yang lebih baik saat menggunakan RAM di kecepatan 5000 MHz.

Ryzen generasi ketiga akan dukung kecepatan RAM hingga 5000 MHz Prosesor AMD Ryzen

AMD diperkirakan akan secara resmi mengumumkan prosesor Ryzen Generasi ketiga dalam beberapa minggu lagi. Beberapa bocoran telah mencuat terkait dengan keluarga prosesor tersebut, salah satunya kehadiran Ryzen 9 di keluarga Ryzen 3000.

Beberapa fitur baru, seperti dukungan PCIe gen 4 akan terdapat di prosesor ini. Namun, untuk mengaktifkan fitur ini, para pengguna wajib menggunakan platform motherboard terbaru AMD, yakni X570.


BACA JUGA

AMD sebut 6 persen prosesor Ryzen 3000 yang terjual bisa tembus 4,2GHz

Bocoran 3Dmark Intel Core i9-9900KS mencuat, kalah dari AMD

Bocoran prosesor AMD Theradripper 2990WX mencuat


Selain akan mendapatkan dukungan PCIe yang lebih cepat, jajaran prosesor terbaru AMD yang akan menggunakan teknologi Zen 2 tersebut juga akan mendapatkan peningkatan lain. Salah satunya adalah dukungan RAM dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Wccftech (13/5/2019) melaporkan, sebuah bocoran terbaru mengungkap prosesor AMD Zen 2 akan dapat menjalankan RAM di kecepatan 5000 MHz. Tapi, untuk UCLK efektif dari prosesor tersebut hanya akan berjalan di kecepatan 1250MHz.

Sebagai perbandingan, Ryzen 7 1700 memiliki clock inti 3000 MHz dengan memori 2400 MT/s dan UClk 1200 MHz (efektif 600 MHz). Jadi, prosesor generasi terbaru ini akan memiliki lonjakan kemampuan yang cukup tinggi.

Sebenarnya, hal ini bukan sebuah hal yang baru. Selama proses pengembangan prosesor AMD belasan tahun kebelakang, prosesor mereka memang selalu ingin berjalan di kecepatan RAM yang tinggi.

Hal ini dikarenakan semakin tinggi kecepatan RAM yang berjalan di samping prosesor, semakin tinggi juga performa yang didapatkan oleh pengguna. Begitu juga dukungan AMD Dual Channel, yang akan meningkatkan kemampuan performa yang lebih baik.

Oleh karenanya, setiap orang yang  membangun komputer dengan prosesor Ryzen selalu dianjurkan untuk menggunakan RAM dengan kecepatan tinggi dan menggunakan konfigurasi Dual Channel.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: