sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
Sabtu, 06 Jan 2024 14:02 WIB

Roket 'Vulcan Centaur' akan lepas landas ke bulan pada 8 Januari

Roket antariksa canggih 'Vulcan Centaur' bakal segera meluncur pada 8 Januari 2024 nanti setelah sebelumnya tertunda karena masalah teknis pada 2019 silam.

Roket 'Vulcan Centaur' akan lepas landas ke bulan pada 8 Januari
Sumber: ULA

United Launch Alliance (ULA) baru saja mengumumkan bakal peluncuran roket buatannya ke bulan pada 8 Januari mendatang. Roket tersebut akan lepas landas dari Stasiun Florida's Cape Canaveral Space Force pada Senin besok tepat pukul 14.18 WIB.

Dilansir dari Space (6/1), vice president of government and commercial programs ULA, Gary Wentz telah mengonfirmasi penjadwalan tersebut setelah melalui serangkaian ulasan. Menurut Gary peluncuran ini sudah disetujui oleh seluruh tim peneliti sehingga kini sudah bisa mulai dijadwalkan.

"Kemarin, kami telah berhasil melakukan diskusi. Hasilnya proyek ini sudah siap sehingga semua tim menyetujui kami untuk melakukan peluncuran," ungkap Gary Wentz. "Kita menjadwalkannya tepat pada Senin pagi pukul 2.18 (waktu lokal) tanpa hambatan apapun." imbuhnya. 

Menurut prediksi, cuaca pada hari tersebut 85 persen akan dalam kondisi yang sangat baik sehingga jadwal tersebut dipilih guna kesuksesan proyek ini. Peluncuran ini kabarnya bakal bisa disaksikan secara langsung melalui kanal NASA TV tepat pada jadwal tersebut.

Selain itu dalam peluncuran ini juga bakal menjadi debut bagi robot Peregrine yang akan ikut serta meluncur bersama roket tersebut. Robot buatan Pittsburgh company Astrobotic ini akan melakukan perjalanan antariksa menuju bulan dan ditargetkan mendarat sempurna pada 23 Februari mendatang. 

Apabila robot tersebut mampu mendarat dengan mulus, maka ini akan menjadi sejarah pertama kali pendaratan sempurna di permukaan bulan. Bahkan terakhir kali pada 2019 silam, Israel's Beresheet probe dan Hakuto-R telah gagal melakukan misi tersebut.

Adapun robot Peregrine merupakan bagian dari objek terbang program buatan NASA Commercial Lunar Payload Services ( CLPS), yang mana bertujuan membantu manusia mendarat kembali ke bulan. Ini ternyata sejalan dengan misi NASA untuk membangun pemukiman permanan di luar angkasa di sekitar bumi dalam satu dekade ini.

 

Share
×
tekid
back to top