sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 26 Sep 2022 18:15 WIB

Review OPPO Reno8 Z 5G, kameranya makin kekinian

Saat ini tim Tek.id memiliki kesempatan untuk mengulas salah satu ponsel terbaru dari OPPO, yaitu OPPO Reno8 Z 5G. Ponsel ini menggunakan layar AMOLED dengan konfigurasi tiga kamera belakang.

Review OPPO Reno8 Z 5G, kameranya makin kekinian

Seperti yang kita tahu, beberapa waktu lalu OPPO telah resmi mengenalkan seri OPPO Reno8 ke pasar Indonesia. Salah satu model dari seri ini adalah OPPO Reno8 Z 5G yang diperkuat oleh prosesor Snapdragon 695 5G yang dipadukan dengan RAM 8 GB. RAM ini dapat diekspansi hingga 5GB. Untuk penyimpanan internal, Reno8 Z 5G memiliki kapasitas 256 GB.

Dalam hal optik, bagian belakang ponsel ini memiliki konfigurasi tiga kamera. Ini terdiri dari kamera utama beresolusi 64 MP, kamera kedua yang mengusung lensa makro, dan kamera ketiga berguna untuk depth sensor. Pada bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16 MP.

Desain

OPPO menyediakan ponsel Reno8 Z 5G dengan dua warna, yaitu Dawnlight Gold dan Starlight Black. Kebetulan unit ponsel yang datang ke meja redakti tim Tek.id adalah berwarna Dawnlight Gold. Seperti namanya, warna ini menghadirkan warna emas yang sangat menarik perhatian. Bodi pada ponsel ini memiliki material yang akan berefek pada noda sidik jari.

Desain dari bodi ponsel tersebut disempurnakan dengan OPPO Glow ikonik khas perusahaan. Dengan demikian, warna pada ponsel ini menyajikan tampilan glitter. Tampilan glitter ini akan tambah terlihat jika digunakan di bawah sinar matahari. Selain tahan terhadap noda sidik jari, rancangan desain OPPO Glow juga memungkinkan ponsel menjadi tahan terhadap goresan ringan.

Pada pinggiran Reno8 Z 5G, OPPO mendesain ponsel ini dengan bentuk rata sehingga bernuansa simpel tetapi tetap bergaya sehingga menarik perhatian. Meskipun pinggiran ini bersudut karena bentuknya yang dibuat rata, pengalaman saat menggenggam ponsel ini tetap nyaman dan memungkinkan kamu mengaksesnya hanya menggunakan satu tangan.

Tiga bezel (atas, kiri, kanan) bagian depan pada ponsel ini terbilang tipis sehingga menambahkan pengalaman ketika mengakses layarnya. Memang, bezel pada bagian bawah terlihat lebih tebal dibandingkan dengan bezel lainnya. Meski demikian, hal tersebut tidak mengurangi estetika desain keseluruhan ponsel terbaru buatan OPPO ini. Bobot ponsel ini hanya 181 gram, menjadikannya tidak terlalu berat ketika dipegang.

Pada sisi bawah ponsel, terdapat port headphone 3,5 mm, mikrofon, port USB-C, dan speaker. Beralih ke sisi sebelah kanan, di sini akan terlihat tombol daya. Untuk tombol volume, OPPO menempatkannya pada sisi sebelah kiri. Pada sisi ini, kamu juga akan melihat slot kartu SIM ganda dan microSD. Terpisahnya lokasi antara tombol daya dan tombol volume memungkinkan pengguna untuk menghindari kesalahan akses antara keduanya. Pada sisi sebelah atas, di sini hanya akan terlihat lubang mikrofon kedua.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Reno8 Z 5G memiliki tiga kamera di bagian belakang. Uniknya, ketiga kamera ini terdapat tidak berlokasi pada modul yang berbentuk menonjol seperti kebanyakan ponsel saat ini. Ketiga kamera tersebut langsung terletak di bodi belakang, termasuk dengan lampu flash LED.

Kamera utama dan kamera depth sensor masing-masing memiliki resolusi 64 MP dan 2 MP. Kedua kamera ini terletak secara vertikal dengan ukuran yang sama besar. Hal yang tidak kalah menarik adalah bahwa pinggiran lensa kamera tersebut dilengkapi dengan lampu ring RGB yang akan menyala ketika ada notifikasi masuk dan saat proses mengisi ulang. Dengan demikian, meski diletakkan dalam posisi terbalik, kamu akan mengetahui jika ada pesan atau notifikasi. Kamera ketiga adalah kamera makro, yang terletak di samping kiri kamera utama dan kamera depth sensor.

Performa

Dalam hal perangkat keras, ponsel OPPO Reno8 Z 5G diperkuat oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 695 5G. System-on-chip (SoC) ini menggunakan teknologi fabrikasi 6nm, yang sudah menggunakan gelombang milimeter 5G yang jauh lebih cepat. Pengguna juga akan mendapatkan peningkatan performa grafis hingga 30% dan CPU 15% lebih cepat.

Pada ponsel Reno8 Z 5G, prosesor tersebut dipadukan dengan kapasitas RAM 8 GB. Asyiknya, kapasitas RAM ini dapat diperluas hingga 5 GB menggunakan kapasitas ROM. Dengan demikian, pengguna dapat menikmati RAM lebih besar hingga 13 GB. Dengan kapasitas RAM yang lebih tinggi, ini memungkinkan kamu mendapatkan performa lebih mulus ketika melakukan multitasking antara aplikasi. Untuk kapasitas penyimpanan, secara internal Reno8 Z Pro mengusung 256 GB. Pengguna dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan ini menggunakan slot microSD.

Sistem operasi yang digunakan pada ponsel terbaru dari OPPO ini adalah Android 12. Seperti ponsel OPPO lainnya, Reno8 Z 5G juga memiliki skin antarmuka pengguna khusus ColorOS. Pada ponsel ini, pengguna akan dimanjakan dengan antarmuka ColorOS 12.1. Hal yang tidak kalah menarik adalah OPPO telah menjanjikan pembaruan antarmuka ColorOS 13 pada bulan Desember 2022.

Layar yang digunakan pada perangkat ini memiliki teknologi AMOLED berukuran 6,4 inci. Dengan demikian, layar OPPO Reno8 Z 5G akan menampilkan warna yang lebih cerah ditambah dengan kontras yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan panel layar LCD IPS. Selain itu, karena AMOLED tidak memerlukan penerangan tambahan di belakang (memiliki piksel yang dapat menyala sendiri), memungkinkan perangkat yang menggunakannya memiliki profil yang lebih tipis dan otomatis lebih ringan.

Resolusi yang ditawarkan oleh layar AMOLED Reno8 Z 5G adalah 1.080 x 2.400 piksel. Resolusi ini cukup tinggi untuk sebuah layar ponsel. Oleh karenanya, layar ini menampilkan konten kecil yang sangat detail. Ini memungkinkan kamu nyaman saat melakukan browsing internet saat membaca artikel. Terdapat pula fitur bernama ‘Eye comfort’ sehingga mata tidak akan lelah ketika menatap layar dalam durasi yang lama.

Pada ponsel ini, terdapat lubang punch-hole yang terletak di sudut kiri atas layar. Ini adalah lokasi untuk kamera depan dengan resolusi 16 MP. Kecerahan layar AMOLED ini cukup tinggi. Dengan demikian, kamu tidak akan merasa terganggu oleh pantulan cahaya sekitar ketika menggunakan ponsel di luar ruangan. Hal ini juga akan terasa nyaman ketika kamu sedang memotret dan melihat hasilnya di layar.

Reno8 Z 5G tidak ketinggalan pula diuji menggunakan PCMark. Ini digunakan untuk menilai seberapa andal ponsel untuk kegiatan sehari-hari. PCMark mensimulasikan aktivitas keseharian pengguna ponsel, seperti menjelajahi web, mengedit teks, serta mengedit gambar dan video. Aplikasi ini juga menguji seberapa cepat ponsel dapat menulis data ke memori atau sekadar membacanya.

Nilai keseluruhan yang didapatkan oleh Reno8 Z 5G saat menjalani benchmark PCMark adalah 8.212 poin. Ini terdiri dari nilai Web Browsing 6.181 poin, Video Editing 3.951 poin, Writing 11.470 poin, Photo Editing 19.733 poin, dan Data Manipulation 6.757 poin.

Ada pun ketika Reno8 Z Pro menjalani pengujian PCMark Storage, ponsel ini mampu meraih nilai keseluruhan 15.527 poin. Untuk masing-masing kecepatan, ponsel tersebut memiliki Sequential Read 457 MB/s, Sequential Write 317 MB/s, Random Read 17 MB/s, dan Random Write 20 MB/s.

Benchmark selanjutnya yang dijalankan Reno8 Z 5G adalah Geekbench. Pada aplikasi ini, ponsel besutan OPPO tersebut mampu menorehkan nilai 686 poin pada percobaan Single Core dan 1.978 poin pada percobaan Multi-Core. Untuk baterai, ponsel ini mengusung kapasitas 4.500 mAh. Ketika dicoba menggunakan PCMark Battery, baterai dari Reno8 Z 5G ini berhasil bertahan selama 14 jam 29 menit. Artinya, perangkat ini memiliki efisiensi daya yang cukup tinggi.

    Share
    ×
    tekid
    back to top