sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Senin, 11 Sep 2023 12:07 WIB

Acer Aspire 5 Slim (2023): Trendi, penunjang aktivitas generasi muda masa kini

Hadir dengan prosesor baru, Acer Aspire 5 Slim hadir sebagai laptop trendi yang dapat menunjang aktivitas generasi muda saat ini.

Acer Aspire 5 Slim (2023): Trendi, penunjang aktivitas generasi muda masa kini

Acer Aspire 5 Slim generasi terbaru resmi meluncur ke tanah air. Laptop ini dirancang untuk memaksimalkan berbagai kebutuhan pengguna, seperti belajar dan bekerja dengan dukungan performa tinggi, multitasking lancar serta konektivitas yang cepat.

Laptop anyar dari Acer ini didukung sederet spesifikasi dan fitur unggulan untuk memenuhi kebutuhan para pekerja dan profesional muda. Mulai dari 13th Gen Intel® Core™ processors, kapasitas baterai lebih besar (50 Wh), layar dengan rasio 16:10, Webcam FHD dan Noise Cancellation, serta konektivitas Lebih Cepat dan Canggih dengan Thunderbolt 4.

Acer Aspire 5 Slim 13th Gen Series hadir dalam dua jenis yaitu A514-56 dan A515-58. Yang membedakan kedua jenis laptop ini adalah ukuran layar dan prosesor yang digunakan. Acer Aspire 5 Slim A514-56 dibekali layar IPS 14 inci dengan resolusi WUXGA. Sementara Acer Aspire 5 Slim A515-58 menggunakan layar IPS 15,6 inci beresolusi Full HD.

Untuk Prosesor, ada 3 varian yang disediakan laptop ini yaitu Intel® CoreTM i9-13900H processor, Intel® CoreTM i7-1355U processor, dan Intel® CoreTM i5-1335U processor. 

Unit yang kami review kali ini merupakan Acer Aspire 5 Slim varian yang menggunakan layar 14 inci dan Intel® CoreTM i7-1355U processor pada mesinnya. Berikut untuk review selengkapnya.

Desain Trendi dengan Layar Beresolusi Tinggi

Soal desain, memang tak banyak perubahan dari Acer Aspire 5 Slim generasi terbaru dibandingkan pendahulunya. Sesuai namanya, Acer Aspire 5 Slim masih terlihat slim alias ramping, dan tetap trendi. Memudahkan dibawa ke mana saja, sekaligus punya tongkrongan yang sedap di mata.

Acer Aspire 5 Slim 13th yang kami review kali ini memiliki layar 14 inci dengan rasio 16:10. Acer menawarkan peningkatan pada segi layar dibanding generasi sebelumnya. Pada laptop ini kini sudah menggunakan layar beresolusi WUXGA yang jelas sedikit lebih tinggi dibanding Full HD.

Bezel layar juga terlihat lebih tipis, sehingga visual yang kami dapatkan terkesan lebih lega. Layarnya ditunjang dengan teknologi IPS yang menampilkan visual lebih detail dengan sudut pandang yang lebih luas. 

Selama menatap layar dalam waktu lama, bahkan seharian mata tidak cepat lelah dan terasa perih. Tentunya, ini berkat dukungan fitur Acer ComfyView membuat mata tidak silau (non-glare) dan BluelightShield memberikan rasa aman dari sinar biru yang berbahaya bagi mata kami. 

Bergeser ke bawah layar, terdapat keyboard dan touchpad. Keduanya menawarkan kualitas rata-rata dan tidak ada kendala. Mengusung desain air inlet keyboard, keyboard ini memungkinkan aliran udara lebih baik sekitar 8 hingga 10%. Sistem dual fan -- Acer TwinAir technology -- juga hadir di varian 15 inci. 

Sedikit informasi, sistem dual fan ini menawarkan multiple cooling mode dengan cara pintas (Fn + F). Mode tersebut akan mengatur ke mode yang kami butuhkan seperti Silent, Normal dan Performance. 

Laptop ini juga disematkan beberapa port yang disematkan pada sisi kanan dan kiri. Port tersebut meliputi dua port USB Type-C yang mendukung USB4 40Gbps, Thunderbolt 4, USB charging 5 V; 3 A dan DC-in port 20 V; 65 W, sebuah jack Headphone/speaker, port HDMI® 2.1, serta dua buah port USB 3.2 Gen 1 yang salah satunya juga berfungsi sebagai port USB charging.

Performa Dominan untuk Multitasking Seharian

Seperti tadi disebutkan di atas, Aspire 5 Slim yang kami ulas kali ini menggunakan Intel® CoreTM i7-1355U processor. Prosesor ini memiliki 10 total core yang terbagi menjadi 2 core performance dan 8 core efficiency. Clock maksimalnya mencapai 5.0 GHz.

Prosesor ini didukung juga RAM LPDDR5 berkapasitas 16 GB serta SSD NVME Gen4 dengan kinerja cepat yang memiliki kapasitas 512 GB dan dapat ditingkatkan hingga 1 TB. Kartu grafisnya mengandalkan Intel® Iris® Xe graphics.

Beragam skenario penggunaan kami simulasikan menggunakan laptop ini. Mulai dari bekerja (mayoritas kami lakukan untuk membuat artikel), kemudian streaming video, edit foto, sampai sesekali bermain game. Semuanya berjalan mulus tanpa hambatan.

Untuk bermain game, kami mencoba game seperti Valorant dan Dota2 yang ternyata bisa dimainkan dengan lancar. Lumayan untuk menjadi hiburan di kala waktu senggang.

Selain performa optimal, daya tahan baterai laptop ini juga cukup awet selama kami gunakan untuk menyelesaikan rutinitas. Dengan kapasitas baterai lebih besar yaitu 50 Wh, laptop ini dapat dipakai hingga 11 jam pemakaian. Kapasitas ini juga lebih besar 25% dari kompetitor di kelasnya.

Saat kami menggunakannya untuk mengetik dokumen, meeting online, bermain game kasual dan rutinitas lainnya, keyboard cukup empuk dan tidak terasa panas. 

Kelebihan lainnya, laptop ini sudah diinstal Windows 11 Home terbaru dan Microsoft Office Home & Student 2021 yang bisa langsung kami gunakan. Tidak perlu lagi keluar uang untuk membelinya, apalagi sampai menggunakan versi bajakannya.

Webcam dan Audio Jernih, Serta Konektivitas Tinggi

Karena ditujukan bagi para pelajar, pekerja serta pebisnis, laptop ini disokong webcam beresolusi Full HD 1080p dan teknologi Acer TNR Solution yang mampu menangkap gambar dengan lebih cerah. Teknologi ini bekerja dengan mendeteksi dan mendiagnosis noise dan menyatukannya dengan frame lain untuk menghasilkan gambar berkualitas lebih baik, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Selain gambar yang jernih, laptop ini juga dilengkapi dukungan teknologi Acer PurifiedVoice™ generasi terbaru dengan AI Noise Reduction dapat secara aktif mengurangi kebisingan di sekitar kami. Alhasil lawan bicara dapat dengan jelas mendengar suara pengguna.

Sementara itu, laptop ini juga didukung WiFi 6E yang memiliki kemampuan 3 kali lebih cepat dan dengan tingkat data puncak 40% lebih tinggi dibandingkan 802.22ac 2x2 standar. Selain itu, laptop ini juga didukung teknologi Thunderbolt 4 menghadirkan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi. 

Dengan bandwidth 40 Gbps, Thunderbolt 4 mampu memindahkan data antara penyimpanan internal dan eksternal dengan lebih cepat. Selain itu port Thunderbolt 4 dapat digunakan untuk berbagi ke layar eksternal hingga 2 layar 4K ataupun utilisasi perangkat seperti eGPU.

Kesimpulan

Setelah kami gunakan laptop ini untuk menjalani aktivitas sehari-hari, kami bisa menikmati suguhan performa dan fitur yang ditawarkannya. Selain prosesor baru dan layar yang menawarkan resolusi lebih tinggi dari sebelumnya, keberadaan webcam beresolusi Full HD juga menjadi nilai tambah lainnya.

Ketiga varian Aspire 5 Slim 13th Gen Series sudah tersedia di Indonesia melalui Acer Official Store Indonesia secara online maupun offline. Varian layar 14 inci dibanderol mulai dari harga Rp 9.999.000. Selama Acer Day 2023 (1 Agustus - 30 September), varian Intel® CoreTM i5-1335U processor mendapatkan potongan harga menjadi Rp 8.999.000 dan untuk varian Intel® CoreTM i7-1355U processor, dari harga Rp. 15.499.000 menjadi Rp. 12,499.000.

Sementara varian Intel® CoreTM i9-13900H processor dengan ukuran layar 15 inci dijual dengan harga Rp 14.299.000 dan khusus Acer Day 2023 menjadi Rp. 13.299.000. Untuk pembelian online bisa diakses melalui Acer Store dan Acer Official Store di berbagai e-commerce. Sementara pembelian offline bisa dilakukan di toko-toko terdekat di kota Anda.

Tag
Editor
Share
×
tekid
back to top