sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 21 Mar 2023 11:09 WIB

Qualcomm hapus biaya lisensi untuk penggunaan codec aptX dan aptX HD

Qualcomm memiliki codec bernama aptX dan aptX HD agar mendengarkan musik lewat Bluetooth memiliki kualitas tinggi. Sekarang codec tersebut bebas digunakan tanpa lisensi.

Qualcomm hapus biaya lisensi untuk penggunaan codec aptX dan aptX HD

Codec aptX dan aptX HD dari Qualcomm, yang memungkinkan audio Bluetooth berkualitas tinggi, sekarang bebas digunakan pada perangkat Android, berkat langkah terbaru perusahaan. Sebelumnya, produsen perangkat harus membayar biaya lisensi untuk menggunakan codec tersebut di perangkat mereka, dengan biaya hingga $6.000 (Rp92 juta) untuk pembayaran satu kali selain biaya per perangkat.

Langkah ini berarti bahwa setiap pengembang yang membuat ROM kustom berbasis Android sekarang dapat menambahkan dukungan untuk Qualcomm aptX atau aptX HD tanpa menyalinnya dari build berlisensi. Dilansir dari Gizmochina (21/3), codec itu sekarang menjadi bagian dari lisensi Apache Android Open Source Project (AOSP) dan bebas untuk digunakan.

Meskipun perubahan tersebut mungkin tidak signifikan untuk rata-rata pengguna Android, ini berpotensi menyebabkan lebih banyak perangkat yang mendukung format audio nirkabel berkualitas hi-fi di masa mendatang.

Qualcomm telah mengklarifikasi bahwa meski codec aptX dan aptX HD sekarang bebas digunakan, perusahaan masih harus membayar biaya lisensi untuk menggunakan aspek lain dari aptX, seperti dekoder pada ujung penerima koneksi Bluetooth. Selain itu, masih menjadi tanggung jawab pengembang ROM untuk menggunakan encoder open-source dari AOSP ini.

Perkembangan ini merupakan langkah maju yang signifikan untuk industri mobile, yang telah mengalami peningkatan signifikan dalam kualitas audio Bluetooth selama dekade terakhir, tetapi juga menghadapi kritik karena menghilangkan jack headphone.

Dengan codec aptX dan aptX HD sekarang tersedia secara bebas, lebih banyak perangkat berpotensi mendukung codec dengan kualitas tinggi, membuat pengalaman mendengarkan musik menjadi lebih baik bagi pengguna. Akan menarik untuk melihat bagaimana langkah Qualcomm ini memengaruhi industri ke depan.

Share
×
tekid
back to top