sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel

Qualcomm gagal hadirkan koneksi satelit ke smartphone Android

Setelah batal bekerjasama dengan Iridium, Qualcomm gagal hadirkan teknologi satelit ke smartphone Android.

Qualcomm gagal hadirkan koneksi satelit ke smartphone Android

Qualcomm beberapa waktu lalu mengatakan bahwa akan membawa teknologi satelit ke perangkat Android. Hal ini dikarenakan Apple sudah mengimplementasikan teknologi yang sama di iPhone selama beberapa tahun belakangan ini.

Teknologi ini mereka sebut sebagai Snapdragon Satellite. Untuk menghadirkan teknologi ini, mereka menggandeng perusahaan bernama Iridium. Namun sayang, setelah beberapa saat berdiskusi untuk mendapatkan kesepakatan, pada akhirnya kesepakatan ini tidak terjadi.

Hal ini sudah diumumkan secara resmi oleh Qualcomm dan Iridium. Jadi, jika kalian sudah menantikan kehadiran ini di perangkat Android, siap-siap untuk kecewa.

Seperti diketahui, kemampuan untuk terhubung dengan satelit dapat memberikan keuntungan signifikan di daerah-daerah terpencil atau di mana sinyal seluler mungkin tidak stabil. Ini dapat bermanfaat dalam situasi darurat atau ketika pengguna berada di lokasi terpencil yang memerlukan komunikasi.

Pada awal tahun 2023, Qualcomm mengumumkan kerjasamanya dengan perusahaan satelit Iridium untuk mengembangkan teknologi ini. Fitur ini dirancang untuk memungkinkan smartphone Android membangun konektivitas terbatas melalui satelit, khususnya untuk mengirimkan pesan darurat. 

Meskipun pengumuman ini menjanjikan potensi besar untuk meningkatkan sambungan di daerah-daerah terpencil atau dalam situasi darurat di mana akses ke jaringan seluler mungkin terbatas, belum banyak kabar atau perkembangan yang diumumkan sejak teknologi ini diperkenalkan.

Qualcomm dan Iridium telah mengumumkan bahwa kemitraan mereka akan dibubarkan efektif 3 Desember 2023. Keputusan untuk mengakhiri kemitraan antara Qualcomm dan Iridium yaitu karena ponsel Android belum menggunakan teknologi yang diperlukan untuk terhubung ke satelit. 

Meskipun Qualcomm sebelumnya mengumumkan rencana untuk mengadopsi teknologi konektivitas satelit pada perangkat dari Oppo, Nothing, dan Motorola, tampaknya implementasi tersebut tidak mencapai tahap yang diharapkan.

MediaTek, salah satu pembuat chip saingan Qualcomm, juga telah mengumumkan rencananya untuk menambahkan konektivitas satelit pada ponsel Android dan perangkat lainnya. Selain itu, T-Mobile juga mengumumkan kesepakatan dengan SpaceX untuk menghadirkan konektivitas satelit ke ponsel Android tanpa perlu perangkat keras tambahan yang khusus.

Share
×
tekid
back to top