Qualcomm akan pecah Snapdragon 8150 jadi ‘Silver’ dan ‘Gold’

Selain akan meluncurkan Snapdragon 8150, Qualcomm juga diharapkan untuk meluncurkan Snapdragon 8180 yang dibuat untuk laptop Windows 10

Qualcomm akan pecah Snapdragon 8150 jadi ‘Silver’ dan ‘Gold’ Ilustrasi Prosesor Qualcomm Snapdragon (Qualcomm)

Beberapa waktu lalu diketahui jika Qualcomm telah mempersiapkan prosesor terbaru mereka, yakni Snapdragon 8150. Prosesor ini akan menggantikan Snapdragon 845 yang sudah berumur sekitar satu tahun.

Lompatan nama ini pun dianggap aneh menurut beberapa orang. Ternyata, pihak Qualcomm memiliki pemikiran yang berbeda mengenai penamaan tersebut. Salah satunya adalah meningkatkan performa yang cukup besar jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Snapdragon 8150 diketahui akan memiliki kecepatan clock hingga 2,6GHz, yang disebut sebagai prosesor ‘Gold’. Diketahui, prosesor ini akan ditujukan untuk perangkat-perangkat high-end, seperti lapor Slashgear (11/10).

Selain itu, prosesor ini juga dibuatkan versi untuk perangkat low-end. Prosesor yang disebut sebagai ‘Silver’ tersebut akan memiliki kecepatan clock 1,7GHz. Sepertinya, prosesor yang ini memiliki konsumsi daya yang lebih rendah.

Peningkatan lain adalah ada di Neural Processing Unit (NPU) terbaru. Selain itu, terdapat juga perangkat keras terbaru lain, seperti CPU Kryo, Adreno GPU, Spectra ISP, dan Hexagon DSP. Sayangnya, hingga saat ini belum ada bocoran mengenai penamaan NPU ini. Yang pasti penambahan komponen AI terpisah pasti sejalan dengan tren prosesor smartphone terkini.

Selain Snapdragon 8150, Qualcomm juga diharapkan akan mengumumkan SCX8180 alias Snapdragon 8180. Chip ini diharapkan akan memiliki kemampuan proses yang kuat, untuk  membuat impian Microsoft membuat laptop Windows 10 yang didukung ARM menjadi kenyataan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: