Prosesor Intel i9 mobile generasi 9 berhasil tembus 5GHz

Pengguna dapat melakukan overclock terhadap prosesor Intel Core i9-9980HK di laptop mereka hingga 5GHz jika memiliki pendinginan yang mumpuni.

Prosesor Intel i9 mobile generasi 9 berhasil tembus 5GHz Prosesor Generasi 9

Intel baru saja memperkenalkan prosesor i-series generasi kesembilan untuk jajaran laptop. Mereka menjanjikan performa yang lebih tinggi bagi mereka para gamer antusias ataupun untuk para pekerja yang membutuhkan prosesor dengan kemampuan tinggi.

Namun, sampai seberapa besar tenaga yang dihasilkan oleh prosesor i9-9980HK? Engadget (27/4) melaporkan, ternyata prosesor ini memiliki kemampuan kecepatan prosesor yang sama dengan versi desktop-nya, i9-9900K.


BACA JUGA

IC Insights : Intel kembali rajai pasar semikonduktor

AMD sesumbar CPU terbaru mereka tidak akan terserang ZombieLoad

Bocoran spesifikasi Ryzen 5 3400G dan Ryzen 3 3200G


Dalam beberapa pengujian, prosesor tersebut mampu mencapai kecepatan 5GHz. Namun, seperti versi prosesor desktop-nya, kecepatan ini hanya bisa dicapai di salah satu core saja, tidak semua core dapat berjalan di kecepatan tersebut secara bersamaan.

Hal ini pun dapat dicapai dengan melakukan overclock prosesor tersebut. Namun, salah satu hal yang perlu diperhatikan, untuk dapat mencapai kecepatan ini, laptop harus memiliki pendinginan yang sangat mumpuni.

Meskipun dapat di overclock hingga kecepatan yang sangat tinggi, performa dari prosesor ini secara standar juga mengagumkan. Prosesor i9-9980HK memiliki kecepatan dasar 2,4 GHz dengan total 8 inti dan 16 threads.

Intel mengatakan, menawarkan framerate 18 persen lebih tinggi daripada 8950HK generasi ke-8 tahun lalu di gim Hitman 2 dan 28 persen lebih cepat untuk pengeditan video 4K. Saat bermain game, streaming, dan merekam dalam gim Black Ops 4, prosesor ini memberikan framerate 2.1x lebih cepat.

Hal ini merupakan lompatan yang signifikan dari hanya setahun yang lalu. Dibandingkan dengan sistem tiga tahun yang menjalankan i7-6700HQ, prosesor baru ini menawarkan FPS 56 persen lebih cepat dalam Total War 2, 54 persen pengeditan video 4K lebih cepat, dan peningkatan kinerja keseluruhan 33 persen.

Kalau Anda tertarik membeli laptop dengan prosesor ini, saat ini hampir semua vendor laptop telah mengumumkan laptop dengan prosesor tersebut. Beberapa di antaranya seperti Asus, Dell, Acer, Lenovo, dan beberapa produsen lain.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: