sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 13 Mar 2018 18:43 WIB

Printer 3D ini bisa cetak makanan asli

Open Meals buat printer 3D yang bisa cetak makanan berbentuk pixel dan bisa dimakan

Printer 3D ini bisa cetak makanan asli
Source: mashable.com

Pada festival South by Southwest (SXSW) 2018 ini, Open Meals memarkan sebuah “Pixel Food Printer”, yaitu sebuah printer 3D untuk mencetak sushi berbentuk pixel yang bisa dimakan. Dilansir dari Mashable (12/3), Dengan printer ini Open Meals ingin menghadirkan makanan yang ada di seluruh dunia dengan cara yang sangat mudah.

Untuk mencapai hal ini, mereka menciptakan dua komponen kunci. Yang pertama berupa platform makanan digital “Food Base” yang telah dipatenkan. Platform ini berguna menyimpan pengukuran untuk komposisi yang tepat, seperti rasa, bentuk, warna, nutrisi, dan tekstur dari berbagai jenis makanan.

Perwakilan dari Open Meals mengatakan database pada platform ini menjadi dasar untuk membuat reproduksi makanan otentik. Layaknya iTunes, Open Meals menginginkan Food Base ini menjadi tempat bagi orang untuk mencari, mengunduh, dan mengunggah data makanan. Untuk komponen keduanya yakni sebuah Pixel Food Printer yang berfungsi sebagai "alat teleportasi" makanan. Printer ini memiliki lengan robot yang mampu mencetak setiap piksel kecil terbuat dari sejenis gel yang bisa dimakan.

Setelah itu, setiap piksel akan disuntikkan dengan berbagai rasa, warna, nutrisi, dan lainnya. Kemudian, printer ini akan menggabungkannya menjadi makanan. Sayangnya, rasa dari makanan ini masih belum begitu enak untuk dimakan.

Open Meals juga memaparkan manfaat Pixel Food Printer ini di masa depan, seperti kita bisa "mengirim" berbagai makanan dari Bumi ke astronot yang tinggal di luar angkasa, atau mengirim makanan dari sebuah acara televisi secara langsung. Saat ini, Pixel Food Printer masih berupa konsep prototipe. Bagaimana, apa Anda tertarik untuk mencoba sushi dari printer 3D ini?

Share
×
tekid
back to top