sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
Selasa, 27 Sep 2022 09:24 WIB

AMD update chip untuk PlayStation 5, klaim lebih dingin

Sony telah meluncurkan konsol PlayStation 5 yang diperbarui dengan chip AMD Oberon Plus 6nm untuk efisiensi daya dan termal yang lebih baik.

AMD update chip untuk PlayStation 5, klaim lebih dingin

Berbeda dengan seri PlayStation 4 generasi sebelumnya yang diluncurkan dalam varian Pro dan Slim, tampaknya Sony tidak memiliki rencana nyata untuk meluncurkan varian baru konsol gim PlayStation 5 mereka dalam waktu dekat. Meski demikian, ini bukan berarti bahwa model PS5 tidak mengalami pembaruan sama sekali.

Perusahaan teknologi asal Jepang itu baru-baru ini mulai mengirimkan CFI-1202 baru yang terlihat di Australia. YouTuber terkenal Austin Evans belum lama ini membuat video baru, yang menampilkan pembongkaran konsol. Dilansir dari Gizmochina (27/9), berdasarkan video tersebut kita dapat melihat bahwa model terbaru jauh lebih ringan daripada PS5 yang dirilis di awal peluncuran.

Terlepas dari bobot yang lebih ringan, varian konsol baru Sony juga tampaknya berjalan lebih dingin daripada model PS5 versi awal dan juga lebih hemat daya.Perbedaannya bukan hanya itu saja, karena laporan dari WccFtech juga mengklaim bahwa PlayStation 5 CFI-1202 baru hadir dengan prosesor AMD Ober yang ditingkatkan, yang dijuluki chip Oberon Plus.

System-on-Chip (SoC) ini didasarkan pada proses 6nm yang diproduksi oleh TSMC. Berkat chip 6nm tersebut, konsol berjalan lebih dingin dan bahkan menampung heatsink berdimensi lebih kecil yang pada akhirnya membuat PS5 versi baru lebih ringan daripada PS5 versi awal peluncuran.

Sony biasanya merilis versi konsolnya yang diperbarui sekitar tahun ketiga dari generasi baru. Karena saat ini kita masih di tahun kedua dari peluncuran PS5, kita dapat mengharapkan peluncuran PS5 Slim baru dan mungkin versi PS5 Pro juga. Meski demikian, sejauh ini pihak perusahaan belum mengumumkan apa pun terkait hal tersebut.

Share
×
tekid
back to top