sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Rabu, 29 Agst 2018 12:08 WIB

Pesan enkripsi WhatsApp tidak didukung di Google Drive

WhatsApp menginformasikan pada penggunanya bahwa pesan enkripsi end-to-end tidak akan tersedia untuk disimpan server cloud milik Google

Pesan enkripsi WhatsApp tidak didukung di Google Drive
Source: Wired

Awal bulan ini Google dan Facebook bekerja sama untuk menawarkan penyimpanan cadangan di Google Drive pada pengguna WhatsApp. Rencananya perubahan ini akan berlaku pada 12 November mendatang.

SayangnyaWhatsApp baru-baru ini memberi tahu pengguna bahwa enkripsi end-to-end tidak akan tersedia untuk obrolan perpesanan dan media yang disimpan di server cloud Google. Fitur enkripsi end-to-end berguna untuk memastikan pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima saja. Jika pengguna menyimpan pesannya di Google Drive, mereka tidak akan bisa menggunakan fitur enkripsi end-to-end lagi dan membuat pesan bisa dibaca orang lain.

Hingga saat ini, pengguna WhatsApp bisa menyimpan datanya di Google Drive hingga 15GB. Kapasitas tersebut juga cukup besar untuk bisa menampung segala kebutuhan para pengguna WhatsApp. Namun untuk menghindari kebocoran data, pengguna perlu memakai password yang kuat pada akun Google mereka mengingat data yang disimpan tidak lagi menggunakan sisten enkripsi end-to-end.

Sementara pada Agustus lalu, Google juga telah mengumumkan bahwa semua backup WhatsApp yang belum diperbarui dalam lebih dari satu tahun akan dihapus secara otomatis dari penyimpanan Google Drive pada 12 November mendatang. Hal ini akan termasuk dalam pesan teks, gambar, dan video. Bila Anda ingin melakukan penyimpanan cadangan tersebut, Anda hanya perlu membuka Pengaturan. Setelah itu pergi ke Obrolan dan pilih Chat Cadangan.

Sayangnya perubahan ini hanya tersedia untuk pengguna Android, mengingat pengguna WhatsApp iOS semuanya telah didukung ke iCloud. Demikian dilansir dari Phone Arena (28/8).

Share
×
tekid
back to top