sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
Jumat, 27 Mar 2020 16:13 WIB

Perkenalkan Celia, asisten digital baru dari Huawei

Huawei akhirnya memperkenalkan Celia, asisten digital baru untuk smartphone buatannya. Untuk saat ini, debut perdananya dimulai di Huawei P40 Series.

Perkenalkan Celia, asisten digital baru dari Huawei

Tidak bisa menggunakan layanan Google tidak membuat Huawei patah arang. Selain tidak bisa menjalankan aplikasi Google, smartphone Huawei pun tidak bisa menjalankan Google Assistant. Pasalnya asisten suara itu menjadi salah satu layanan yang diberikan Google.

Huawei akhirnya meluncurkan asisten digitalnya sendiri. Asisten suara yang diberi nama Celia ini kabarnya dapat mengerti kalimat perintah dalam bahasa Inggris, Prancis dan Spanyol. Perusahaan asal Tiongkok itu berharap usahanya ini akan lebih baik ketimbang asisten suara milik Samsung, yakni Bixby.

Untuk diketahui, sebenarnya ini bukan panampilan Celia pertama kali. Tahun lalu, Huawei sudah pernah menyebutnya. Kala itu, Celia dinobatkan akan menjadi versi global dari asisten suara Xiaoyi. Seperti pendahulunya, Celia dapat mengakses AI lens perangkat Huawei untuk mendeteksi objek dan mengakses informasi lebih dari suatu objek.

Dilansir dari Gizchina (27/3), pengguna dapat mengaktifkan Celia dengan perintah “Hey, Celia”. Di sini, Celia dapat digunakan untuk membuat panggilan, mengatur alarm atau membaca notifikasi. Lebih lanjut, Celia juga dapat mengidentifikasi objek yang tertangkap kamera dan menemukan dimana objek tersebut dapat dibeli.

Di samping itu, Celia juga memilik akses ke aplikasi musik dan belanja. Dengan begitu, pengguna dapat memerintahkan Celia untuk memutar sebuah lagu. Demikian juga dengan belanja. Pengguna dapat meminta rekomendasi Celia, di mana harus membeli suatu barang yang ditampilkan di layar.

Kabarnya, Celia akan tersedia di luar Tiongkok dalam update yang diberikan. Perlu diketahui bahwa semua smartphone Huawei dilaporkan akan dapat menggunakan Celia. Namun saat ini, Celia baru tersedia di Huawei P40 Series saja. Sayangnya Huawei tidak menyebut kapan tangal pasti update itu akan digulirkan.

Share
×
img
×
tekid
back to top