sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Selasa, 25 Jan 2022 14:26 WIB

Perjalanan teknologi Portrait OPPO Reno Series

OPPO Reno Series benar-benar dibekali dengan teknologi mutakhir agar menampilkan portrait dengan hasil memuaskan. Berikut adalah perjalanan OPPO Reno Series beserta fitur uniknya.

Perjalanan teknologi Portrait OPPO Reno Series

Tidak salah jika kamu memilih OPPO Reno Series jika menginginkan hasil kamera portrait yang baik. Oppo Reno Series memang sudah dikenal dengan fitur Portrait pada ponselnya. Hal ini mereka buktikan dengan selalu memberikan teknologi mutakhir untuk menampilkan hasil foto yang ciamik dalam berbagai kesempatan. Dengan menggunakan kualitas optik terbaik yang tersedia, serta dukungan perangkat lunak yang dikembangkkan perusahaan, ponsel OPPO dapat menghasilkan foto portrait dengan kualitas tinggi.

Jika sedikit menilik perjalanan fitur Portrait OPPO, sudah banyak fitur yang OPPO tawarkan melalui jajaran produk yang sudah meramaikan pasar sejak tahun 2019, khususnya fitur Portrait. Mulai dari OPPO Reno 10x Zoom yang hadir dengan desain kamera pop-up ikonik, hingga kemampuan pengolahan gambar dengan dukungan kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence. Dengan adanya dukungan AI, memungkinkan ponsel OPPO membuat foto malam yang lebih cerah, serta permainan warna yang mulai dikenalkan pada OPPO Reno4.

Berikut ini perjalanan fitur Portrait ponsel OPPO mulai dari seri OPPO Reno 10x Zoom hingga seri terbaru.

OPPO Reno 10x Zoom

Pada tahun 2019, OPPO Reno memulai debutnya dengan merilis Reno 10x Zoom. Inilah awal konsistensi produk OPPO dengan menghadirkan fitur Portrait mereka. Sesuai namanya, OPPO Reno 10x Zoom dapat menghadirkan kualitas zoom bening tanpa distorsi hingga 10 kali. Ini berkat hadirnya kamera periskop pada salah satu kamera belakangnya.

Terdapat tiga kamera pada Reno 10X Zoom, yaitu kamera utama beresolusi 48 MP, kamera telefoto hybrid zoom 10x beresolusi 13 MP, dan kamera ultra lebar beresolusi 8 MP. OPPO melayangkan fitur AI Ultra-Clear Engine pada ponsel tersebut, dengan tujuan untuk mempercepat waktu pemrosesan sehingga tidak ada jeda saat menekan tombol shutter.

OPPO Reno2 Series

Salah satu OPPO Reno2 Series adalah ponsel OPPO Reno2. Ponsel ini membawa konfigurasi Quad Camera. Kamera utama adalah 48 MP dengan OIS. Kamera kedua adalah telefoto 13 MP dengan zoom optik 2x, selanjutnya ada kamera ketiga dengan lensa ultra lebar beresolusi 2 MP. Kamera keempat adalah depth sensor guna menghadirkan fotografi Portrait dengan bokeh yang mulus.

Kamera utama 48 MP OPPO Reno2 mengusung sistem optical image stabilisation (OIS). Artinya stabilisasi kamera pada ponsel ini berdasarkan perangkat keras, bukan perangkat lunak. Dengan demikian, hasil merekam akan lebih stabil tanpa menggunakan gimbal. Kamera depannya menggunakan sistem pop-up dengan resolusi 16 MP.

OPPO Reno3 Series

Ponsel Reno Series selanjutnya terdiri dari Reno3 dan Reno3 Pro. Kamera utama dari ponsel Reno3 Pro hadir dengan resolusi yang cukup tinggi, yaitu 64 MP. Kamera utama ini dilengkapi dengan kamera telefoto 13 MP, kamera lensa ultra lebar beresolusi 8 MP, dan kamera depth sensor 2 MP. Dengan demikian, OPPO Reno3 Pro hadir dengan kamera belakang 4 unit yang dapat digunakan untuk berbagai kesempatan.

Untuk melakukan fotografi selfie, OPPO Reno3 Pro menawarkan kamera depan ganda. kamera depan utama memiliki resolusi yang cukup tinggi pada 44 MP, sedangkan kamera depan sekunder adalah untuk keperluan depth sensor. Oleh karena itu, Portrait menggunakan ponsel ini akan menampilkan hasil yang mulus karena ada pendeteksian latar belakang.

OPPO Reno4 Series

OPPO Reno4 memiliki pengaturan kamera belakan Quad Camera. Ini dipersenjatai oleh kamera utama 48 MP, kamera lensa ultra lebar beresolusi 8 MP. Untuk memotret subjek kecil menjadi terlihat lebih besar, ada yang namanya kamera makro dengan resolusi 2 MP. Terakhir adalah kamera depth sensor beresolsui 2 MP.

Fitur utama yang baru diperkenalkan di OPPO Reno4 Series adalah AI Color Portrait. denganmemanfaatkan kecerdasan buatan (AI) seri ponsel ini dapat memisahkan antara warna subjek utama dengan latar belakang. AI Color Portrait dapat membuat subjek tetap berwarna seperti aslinya, sementara latar belakang akan dibuat warna hitam putih klasik.

Ada pula fitur yang bernama Night Flare Portrait. Ini memungkinkan foto malam terlihat lebih terang dengan latar belakang bokeh. lampu-lampu pada latar belakang fotografi malam tampil dengan tampak bulat seperti memotret menggunakan aperture besar.

OPPO Reno5 Series

Fitur baru yang ada di OPPO Reno5 Series bersama AI Highlight Video. Ini menggunakan algoritma AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan perhitungan yang diperlukan berdasarkan skenario yang berbeda.

Dalam cahaya redup, kamera akan mengaktifkan algoritma Ultra Night video untuk mengoptimalkan kualitas video malam hari terlihat cerah, tajam, dan alami.

Dalam keadaan dengan cahaya latar belakang kuat, HDR Live otomatis bekerja menghasilkan subjek dan latar belakang yang dapat terlihat sama jelasnya melakukan optimalisasi khusus untuk potret saat mendeteksi subjek manusia.

Tidak ketinggalan pula AI Mix Portrait pada OPPO Reno5 Series yang memiliki kemampuan menggabungkan video portrait dengan latar belakang. Fitur ini menghadirkan efek video dengan eksposure ganda pada ponsel untuk pertama kalinya.

OPPO Reno6 Series

Ponsel OPPO Reno6 memiliki konfigurasi empat kamera. Kamera pertama adalah lensa lebar 64 MP. Sedangkan kamera kedua dilengkapi dengan lensa ultra lenar beresolusi 8 MP. Untuk kamera ketiga dan keempat, masing-masing dilengkapi dengan kamera makro 2 MP dan depth sensor 2 MP.

Pada OPPO Reno6 Series hadir fitur Bokeh Flare Portrait Video untuk pertama kalinya. Ini menggunakan algoritma kecerdasan buatan (AI) OPPO untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya nokeh pada berbagai tingkatan kedalaman, meniru apa yang dihasilkan oleh kamera profesional.

OPPO Reno Series selanjutnya

Pada perangkat oppo Reno selanjutnya, tentu saja akan ada peningkatan fitur dan kualitas portrait. Termasuk penggunaan chipset khusus yang OPPO kembangkan bersama Sony. Dari informasi yang didapat oeh redaksi Tek.id, chipset baru ini kabarnya memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap cahaya. Pastinya akan ada banyak peningkatan yang hadir pada seri Reno selanjutnya.

 

 

Bagaimana tidak, ini memerlukan lebih dari 300 insinyur yang terlibat serta membutuhkan penelitian dan pengembangan (R&D). Tidak ketinggalan pula OPPO telah menghasilkan sebanyak 87 paten untuk menyematkan teknologi Portrait di ponsel seri OPPO Reno mendatang.

OPPO juga melakukan penyematan algoritma kecerdasan buatan (AI) ke dalam kamera. Hal ini menghasilkan performa penggunaan daya yang luar biasa dan peningkatan efisiensi waktu pemrosesan gambar. Dengan demikian, pemrosesan gambar yang cepat akan sangat meminimalisir gangguan shutter lag. Penyematan algoritma AI tersebut juga dibuat agar kompatibel dengan prosesor Qualcomm dan MediaTek yang banyak digunakan dalam ponsel Android saat ini.

Editor
Share
×
tekid
back to top