sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
Kamis, 17 Sep 2020 13:27 WIB

Perbedaan PS5 Standard dan PS5 Digital Edition

Sony meluncurkan dua versi PS5, yakni Standard Edition dan Digital Edition. Manakah yang lebih baik dari keduanya?

Perbedaan PS5 Standard dan PS5 Digital Edition

PlayStation 5 akan meluncur sebentar lagi. Bukan rahasia lagi kalau Sony menyediakan dua versi untuk konsol gim ini, yakni versi Standard dan Digital Edition. Lantas apa perbedaan di antara keduanya dan keunggulan apa saja yang ditawarkan masing-masing versi ini? 

Secara spesifikasi, tidak ada perbedaan sama sekali antara PS5 Standard dengan PS5 Digital Edition. Untuk diketahui, PS5 sudah dibekali dengan prosesor generasi ketiga AMD Ryzen 2 dengan 8 cores 16 Threads. Di sektor GPU, keduanya juga sudah menggunakan AMD Radeon RDNA 2. GPU ini sudah mendukung Ray Tracing untuk refleksi in-game yang lebih ciamik. Demikian pula di sektor penyimpanan. 

Baik versi standar maupun versi digital sudah dibekali dengan RAM 16GB GDDR6 dengan bandwidth 448GB/s. Tidak hanya itu, Tempest 3D AudioTech menjadi salah satu penawaran menarik dari Sony. Teknologi ini dapat menciptakan audio yang realistis ketika digunakan bermain gim. 

Kedua versi ini juga sudah mendukung resolusi 8K serta refresh rate 120Hz. Dengan kata lain, konsol gim ini sudah ‘future proof’, kalau sewaktu-waktu pengguna membeli TV yang mendukung resolusi ini. Keduanya juga sudah dibekali dengan satu DualSense kontroler. Kedua konsol ini juga dapat memainkan gim PS4. 

Perbedaan di antara keduanya hanyalah tambahan disk drive Ultra HD Blu-Ray. Ya, versi standar sudah dibekali dengan disk drive ini. Pengguna PlayStation 5 Standard sebenarnya bisa saja menggunakan disk drive ini sebagai 4K Blu-ray player. Di luar sana, Blu-Ray 4K masih dibanderol dengan harga yang mahal. Setidaknya untuk mendapatkan blu-ray (yang benar-benar bisa membaca konten 4K tanpa upscaling), harganya paling tidak berada di rentang lebih dari Rp5 jutaan. 

Tentunya, harga yang ditawarkan untuk kedua perangkat ini pun berbeda. PS5 Standard dibanderol seharga USD499.9 atau sekitar Rp7,4 juta. Sementara dengan dihilangkannya disk drive Blu-ray pada PS5 Digital Edition, harganya berkurang menjadi USD399.99 atau sekitar Rp6 juta.

Secara performa keduanya memang tidak berbeda. Namun ada beberapa hal yang membuat pengguna PS5 lebih diuntungkan. Setidaknya dengan memiliki gim secara fisik, pengguna bisa saling bertukar gim dengan orang lain. Belum lagi skenario di mana kaset gim itu dapat disewakan. Dengan kata lain, dengan membeli sekali, ada banyak skenario yang bisa dilakukan dengan gim tersebut. Hal ini, sayangnya tidak akan bisa terjadi di PS5 Digital Edition. 

Nah, kalau kamu sudah kebelet untuk memiliki PS5 ketika sudah tersedia, dan siapa tahu, memiliki dana terbatas, lebih baik pilih PS5 Digital Edition saja. Tetapi kalau ingin mendapatkan fungsi tambahan sebagai blu-ray player, kepuasan memiliki fisik dari gim yang sudah kamu beli dan ingin menikmati konten 4K dari player Blu-ray itu, PS5 Standard bisa menjadi pilihan. Jika ditilik dari segi harganya, akan lebih menguntungkan membeli PS5 Standard, dengan catatan, memiliki dana yang cukup untuk membawanya pulang. 
 

Share
×
img
×
tekid
back to top