Penjualan tablet global menurun, penjualan iPad malah naik

Disaat penjualan tablet di seluruh dunia menurun sebesar 4 persen, iPad milik Apple berhasil meningkatkan penjualan sebesar 4 persen.

Penjualan tablet global menurun, penjualan iPad malah naik

Penjualan tablet dari tahun ke tahun dikabarkan terus mengalami penurunan. Dikabarkan, pada kuartal ketiga 2019 ini, penjualan tablet turun sebesar 4 persen jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu.

Jumlah total dari penjualan tablet kuartal ketiga tahun ini disebut mencapai 38,2 juta unit. Namun anehnya, saat banyak vendor terkemuka seperti Samsung dan Huawei seperti mengerem produksi tablet mereka, hal ini tidak berlaku bagi Apple.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Kenapa Apple Watch jadi smartwatch terbaik?

Apple luncurkan MacBook Pro 16, lebih besar lebih baik

Sensor 3D di iPad mendatang punya kemampuan AR dan VR


Dalam laporan terbaru, pangsa pasar dari tablet milik mereka, yakni iPad dikabarkan mengalami peningkatan. Mereka berhasil menjual 10,1 juta tablet pada periode Juli hingga September lalu.

Mereka dilaporkan berhasil mendapatkan pangsa pasar sebesar 26,5 persen. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, peningkatannya mencapai 4 persen, yang pada kuartal yang sama tahun lalu Apple hanya memiliki 24,4 persen.

Tapi, bukan hanya perusahaan asal Cupertino tersebut saja yang mengalami peningkatan penjualan. Amazon contohnya. Mereka mencatatkan peningkatan penjualan tablet hingga ke angka 5,3 juta perangkat.

Meskipun pengiriman iPad tampaknya meningkat sebesar 4 persen di kuartal ketiga 2019, tapi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, pendapatan Apple melonjak 8 persen. Itu karena ASP (harga jual rata-rata) iPad meningkat sebesar 9 persen, seperti lapor Wccftech (7/11/2019).

Ini menyiratkan pelanggan masih tertarik pada iPad Pro tahun lalu yang lebih mahal jika dibandingkan jajaran iPad tahun ini. Hal ini dikarenakan perangkat tersebut memiliki kemampuan yang diatas rata-rata jika dibandingkan dengan perangkat lain.

Kemungkinan juga pangsa pasar iPad yang lebih tinggi untuk Q3 2019 juga diuntungkan dari fakta bahwa Apple berusaha menjadikan iPad lebih dari perangkat yang berpusat pada produktivitas.

Mereka juga sudah mulai memasukkan dukungan keyboard untuk berbagai model serta SIM tertanam (eSIM) untuk semua varian seluler. Selain itu, dengan sudah resminya iPadOS juga akan lebih mendorong penjualan dari perangkat tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: