sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 06 Sep 2022 14:56 WIB

Penjualan chipset Samsung Exynos melonjak

Samsung Exynos menjadi satu-satunya chipset yang mengalami kenaikan penjualan selama kuartal kedua tahun 2022.

Penjualan chipset Samsung Exynos melonjak

Samsung dilaporkan menerima lonjakan permintaan pengiriman untuk chipset ponsel garapan mereka yakni Exynos di kuartal kedua 2022. Merek ini menjadi satu-satunya prosesor yang mengalami kenaikan penjualan selama periode tersebut. 

Sebuah laporan terbaru mengungkap, pangsa pasar Samsung Exynos terus berkembang berkat adanya peningkatan penjualan pada kuartal kedua tahun 2022. Bahkan, prosesor besutan Samsung ini disebut telah mengalahkan pesaingnya yang telah mencatat adanya penurunan penjualan pada periode tiga bulanan yang berakhir di Juni itu. 

Dilansir dari Sammobile (6/9), data dari sebuah riset yang dilakukan Omdia menunjukkan, chipet Exynos telah dikirim sebanyak 22,8 juta unit atau sekitar 53 persen selama kuartal kedua 2022. Jumlah ini meningkat dari kuartal sebelumnya yang memperoleh total pengiriman sebanyak 14,9 juta unit. 

Peningkatan permintaan untuk chipset Exynos ini berasal dari segmen smartphone kelas menengah ke bawah. Data riset tersebut memperlihatkan, beberapa model chipset yang paling banyak diminati yakni Exynos 850 dan Exynos 1080. 

Seperti diketahui, kedua chipset ini telah dipakai di jajaran smartphone Samsung Galaxy A13, Samsung Galaxy A33 5G serta Samsung Galaxy A53 5G. Sammobile menyebut, faktor popularitas beberapa ponsel ini juga turut mempengaruhi adanya kenaikan penjualan di kuartal kedua 2022. 

Di sisi lain, sejumlah perusahaan chipset ponsel seperti MediaTek, Qualcomm, Apple serta Unisoc justru melaporkan adanya penurunan penjualan. Laporan dari Omdia mencatat, penjualan MediaTek turun dari 110,7 juta menjadi 100,1 juta di periode kedua 2022. Demikian pula Qualcomm yang turun dari 66,7 juta chipset menjadi 64 juta dan Apple dengan penjualan 48,9 juta chipset dari 56,4 juta.

Sebagai informasi, Samsung awalnya mengalami beberapa kesulitan pada awal tahun 2022 karena adanya masalah rantai pasokan. Namun, tampaknya kini kinerja perusahaan tersebut telah stabil yang dibuktikan dengan adanya sejumlah peningkatan penjualan chipset. 

Terlepas dari rumor yang menyebut prosesor Exynos generasi baru akan ditunda, laporan terbaru justru mengungkapkan jika Samsung tengah melakukan yang sebaliknya. Perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini berencana untuk memperluas chipset Exynos ke perangkat wearable, laptop, modem hingga Wi-Fi.

Share
×
tekid
back to top