Pengguna Netflix bisa melihat daftar 10 film terlaris

Netflix nampaknya menepati janji untuk menjadi lebih transparan. Langkah pertama yang diambil adalah dengan memberikan informasi mengenai 10 tayangan terlaris di platform tersebut.

Pengguna Netflix bisa melihat daftar 10 film terlaris Source: Google

Netflix pernah menyatakan akan menjadi lebih transparan mengenai jumlah penontonnya. Akhirnya rencana tersebut mulai dieksekusi Netflix. Pasalnya, layanan streaming itu baru saja merilis daftar 10 tayangan yang paling banyak ditonton pada platformnyanya.

Dilansir dari Variety (10/5), daftar tersebut memuat 10 tayangan yang paling banyak ditonton pengguna Netflix. Daftar tersebut terbagi menjadi beberapa kategori, sesuai dengan yang ada dalam layanannya. Setidaknya terdapat daftar secara keseluruhan, series, dokumenter, film, tayangan berbahasa Inggris, reality show dan tayangan yang tidak berbahasa Inggris.


BACA JUGA

Star Wars: Knight of the Old Republic bakal digarap jadi film

Netflix bakal adaptasi novel Hello, Universe

Aladdin bakal raup USD75 juta dari debut box office


Untuk diketahui, daftar 10 tayangan yang paling banyak ditonton ini baru berlaku di Inggris saja. Fitur ini dijanjikan akan segera hadir pekan depan. Sayangnya, belum ada kejelasan apakah Indonesia juga akan menerima fitur yang sama. Bagaimana Netflix akan menghadirkan daftar tersebut juga masih dipertanyakan. Kemungkinan besar, akan ada baris tambahan dalam layanan streaming tersebut.

Netflix juga membagikan detail mengenai cara perusahaan itu menghitung jumlah penonton. Perusahaan itu menetapkan, satu view akan dihitung jika penonton sudah menyelesaikan 70% dari durasi satu episode. Melalui akun Twitternya, Netflix menyatakan bahwa pihaknya ingin memastikan kalau fitur ini berguna bagi konsumennya. Jika dirasa tidak cukup membantu, maka layanan streaming ini akan menghapus fitur tersebut.

Sebagaimana diketahui, Netflix sebelumnya banyak menerima kritik karena dinilai tidak pernah menyebutkan berapa jumlah penontonnya. Hal ini lantas membuat Netflix mencoba untuk lebih transparan. CEO Netflix, Reed Hastings pun menjamin bahwa perusahaannya akan menjadi lebih transparan sedikit demi sedikit pada setiap kuarter.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: