Netflix bakal lebih transparan mengenai jumlah penontonnya

Netflix tampaknya bakal menyudahi kerahasiaannya terkait jumlah penonton di platformnya. Ke depannya, layanan ini bakal menyajikan jumlah penonton pasti dalam platformnya.

Netflix bakal lebih transparan mengenai jumlah penontonnya Source: Netflix

Netflix mengklaim akan lebih transparan pada para pelanggannya. Hal ini dilakukan menyusul banyaknya kritik yang menyebutkan bahwa Netflix tidak pernah membeberkan berapa jumlah penontonnya. Namun baru-baru ini, sejumlah eksekutif Netflix menyatakan akan lebih transparan mengenai hal tersebut.

Dikutip dari TheVerge (18/4), Kepala Konten Netflix, Ted Sarandos menyatakan bahwa perusahaan tersebut akan memberikan data spesifik terkait jumlah penonton dalam pertemuan dengan para investor. Adapun yang bakal menerima update tersebut pertama-tama adalah para produser, pelanggan, kemudian media setempat. Tujuannya, untuk lebih transparan mengenai apa yang pengguna Netflix saksikan.


BACA JUGA

Detective Pikachu masih laris manis di box office

John Wick 3 kuasai box office domestik

Debut John Wick capai kesuksesan di box office


Untuk diketahui, sejauh ini Netflix memang terkenal tidak transparan mengenai jumlah penontonnya. Layanan tersebut pernah mengklaim bahwa Bird Box sudah disaksikan oleh lebih dari 45 juta akun selama seminggu pertama penayangannya. Kala itu, Netflix mengklaim bahwa akun yang menonton film tersebut lebih dari satu kali tetap akan dihitung satu kali.

Sayangnya, baik Sarandos maupun CEO Reed Hastings tidak memberikan data yang sudah dikumpulkan Netflix. Namun, Hastings menegaskan bahwa perusahaannya akan menjadi lebih transparan sedikit demi sedikit pada setiap kuarter.

Eksekutif sering kali menjabarkan angka penonton namun gagal menyajikan data valid terkait angka tersebut. Masih belum jelas, apakah perusahaan ini akan menyajikan data penonton untuk semua tayangan di layanannya, atau hanya tayangan tertentu saja. Untuk diketahui, sebelumnya Netflix juga mengklaim bahwa sejumlah judul seperti Triple Frontier sudah ditonton oleh 52 juta akun, The Umbrella Academy dengan 45 juta akun dan The Highwaymen yang diklaim akan ditonton lebih dari 40 juta akun.

Netflix kabarnya juga sedang menguji coba fitur Top 10. Fitur ini akan menunjukkan 10 seri dan film yang paling banyak ditonton. Meski bukan berupa data angka yang pasti, namun Netflix mulai menunjukkan itikad untuk lebih terbuka pada pelanggannya. Sayangnya, fitur ini baru dapat digunakan di kawasan Inggris saja. Itu pun datanya dikumpulkan hanya dari pengguna beta saja.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: