Pengguna GPU Nvidia GTX bisa cicipi teknologi Ray Tracing

Melalui pembaruan GeForce Game Ready 425.31 WHQL, para pengguna di beberapa GPU Nvidia GTX dapat merasakan teknologi Ray Tracing.

Pengguna GPU Nvidia GTX bisa cicipi teknologi Ray Tracing RTX 2060 (Wccftech)

Nvidia para akhirnya meluncurkan pembaruan driver mereka melalui GeForce Game Ready 425.31 WHQL. Dalam pembaruan kali ini, para pengguna kartu seri GTX akan dapat merasakan teknologi Ray Tracing melalui Microsoft DXR Real-Time Ray Tracing API.

Mengaktifkan fitur DXR di GeForce GTX memberi para pengembang fleksibilitas untuk mengoptimalkan gim mereka untuk menjalankan Ray Tracing tanpa menggunakan GPU Nvidia RTX. Di sisi lain, para pengguna dapat mencoba merasakan seperti apa teknologi Ray Tracing, sebelum memilih melakukan upgrade ke GPU Nvidia RTX.


BACA JUGA

Gigabyte resmi luncurkan Radeon RX 5700 XT GAMING OC 8G

CEO Nvidia : 2019 tidak beli GPU dengan Ray Tracing itu gila

Bocoran GPU Intel kembali mencuat


Para pengguna GPU non RTX, seperti GTX 1660 Ti, GTX 1660, TITAN XP (2017), TITAN X (2016), GTX 1080 Ti, GTX 1080, GTX 1070 Ti, GTX 1070, dan GTX 1060 6GB adalah yang beruntung untuk mencicipi teknologi tersebut.

Tapi, ada perbedaan yang mendasar antara kedua GPU tersebut. Khusus untuk GPU RTX, kartu ini dilengkapi dengan penyempurnaan arsitektur untuk menjalankan fitur RTX seperti Ray Tracing Shadows, Reflections, Global Illumination, dan Ambient Occlusion.  

Hal ini dikarenakan keluarga RTX memiliki desain inti Tensor dan RT khusus. Hal ini membuat GPU di keluarga tersebut memungkinkan mereka untuk menjalankan Ray Tracing 2 sampai 3 kali lebih cepat daripada metode rendering tradisional dari jajaran GeForce GTX. 

Namun, performa yang akan didapatkan bisa dibilang cukup mengecewakan. Dalam hasil pengujian awal yang dilakukan oleh Nvidia, hasil yang didapatkan oleh kartu GTX pun kurang mengesankan. 

Dalam pengujian 3DMark Port Royale, penurunan dari RTX 2060 ke GTX 1660 ke 1060 cukup drastis. Apa lagi, penurunan kualitas dari RTX 2080 ke GTX 1080, yang menurun lebih dari setengahnya.

Selain itu, gim yang menawarkan pengalaman Ray Tracing juga masih sangat terbatas. Saat ini, baru ada tiga gim saja yang menawarkan optimasi yang cukup baik. Ketiga gim tersebut adalah Shadow of The Tomb Raider, Battlefield V, dan Metro Exodus.

Meski memiliki kemampuan yang jauh lebih buruk dari seri RTX, tetap saja dapat menjalankan teknologi Ray Tracing pada GPU lama merupakan sebuah gebrakan baru dari Nvidia. Dan bagi Anda yang penasaran ingin mencobanya, Anda bisa mengunduhnya di sini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
NVIDIA