sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 28 Nov 2019 10:24 WIB

Kini para pengguna bisa menandai orang secara manual di Google Photos

Namun, untuk menandai seseorang secara manual, AI di dalam Photos harus mengenali wajah yang ada di dalam foto terlebih dahulu.

Kini para pengguna bisa menandai orang secara manual di Google Photos
Engadget

Google beberapa waktu lalu telah menyematkan fitur penandaan (tag) dalam aplikasi Photos mereka. AI yang ada di dalam aplikasi tersebut akan mengenali wajah dan menandai orang yang mereka kenal, setelah pengguna melakukan input nama di awal penggunaan.

Namun ada saatnya aplikasi tersebut tidak dapat mengenali orang yang ada di dalam sebuah foto, meski mereka telah mendeteksi ada wajah dalam foto tersebut. Oleh karenanya, Google pun menambahkan fitur penamaan manual di dalam aplikasi tersebut.

Sebenarnya, fitur ini sudah ada di dalam aplikasi tersebut dalam waktu yang cukup lama. Namun, perusahaan mesin pencari asal Amerika tersebut menyembunyikannya setelah mereka memisahkan Photos dari Google+ pada tahun 2015 silam. 

Namun, Engadget (28/11/2019) melaporkan, untuk menggunakan fitur ini, algoritma pengenalan wajah Photos harus terlebih dahulu mengenali sebenarnya ada wajah manusia atau hewan di dalam foto tersebut.

Untuk mengakses fitur ini, kalian hanya harus masuk ke aplikasi Photos, kemudian buka foto yang ingin kalian edit. Setelah itu, tarik foto ke atas hingga menu taging wajah keluar, barulah kalian ketuk satu persatu foto untuk ditandai.

Sangat jelas, penerapan fitur pengenalan wajah Google saat ini tidak sempurna, tetapi mereka sudah melangkah ke arah yang benar. Hingga saat ini, fitur yang ditawarkan oleh Google masih yang paling lengkap di antara para pesaingnya.

Salah satu contohnya adalah mereka baru-baru ini menambahkan fitur Memories yang menggunakan antarmuka seperti Instagram Stories untuk memunculkan foto lama Anda.

Share
×
tekid
back to top