sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Senin, 15 Mar 2021 11:37 WIB

Pengguna bisa gambar jalan yang belum terdaftar di Google Maps

Fitur baru Google Maps yang akan datang memungkinkan pengguna menggambar jalan yang tidak atau belum terdeteksi oleh Maps

Pengguna bisa gambar jalan yang belum terdaftar di Google Maps

Pernahkah Anda merasakan betapa sulitnya mencari jalan pintas atau jalan kecil di Google Maps? Biasanya, jalur kecil ini tidak terdeteksi oleh platform navigasi tersebut. Agar membuatnya lebih akurat, Google baru saja mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menggambar sendiri jalan yang kemungkinan belum terdaftar dalam Maps.

Fitur ini melengkapi fitur sunting Maps di desktop yang sudah ada. Sebelumnya, pengguna hanya bisa merekomendasikan nama untuk jalan dan tempat yang belum terdaftar. Di pembaruan kali ini, Anda dapat menggambar sendiri jalan dengan alat yang tersedia pada halaman Maps tersebut.

“Kami telah mempermudah Anda untuk melaporkan perubahan jalan dengan alat pengeditan jalan desktop baru yang imersif,” kata Google dalam unggahan di blog.

Google juga menambahkan cara untuk menggambar jalan yang hilang. Cukup klik tombol menu yang ada di pojok kiri atas halaman, lalu pilih “Edit peta.” Setelah itu, terdapat beberapa opsi, apakah Anda ingin menambahkan alamat, tempat, jalan, atau merevisi informasi yang salah. Untuk menggambar jalan, berarti pilih opsi “Jalan yang belum ada.”

Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman dengan peta yang dapat digambar garis seperti video di atas. Selain itu, Anda juga bisa mengubah nama jalan, ubah arah jalan, atau menyetel ulang jalan yang salah. Informasi seperti jalan yang ditutup dengan detail tanggal, alasan, dan petunjuk arah juga bisa ditambahkan lebih lanjut. 

Namun demikian, input jalan oleh pengguna tidak serta merta langsung tersedia di Maps. Google akan melakukan verifikasi terlebih dahulu

“Untuk memastikan saran dan pengeditan akurat, kami akan memeriksa kontribusi pembaruan jalan sebelum mempublikasikannya,” kata Google.

Fitur ini akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang di lebih dari 80 negara. Sayangnya, tidak diketahui apakah Indonesia termasuk dalam negara tersebut atau tidak. Kita tunggu saja hingga pembaruannya meluncur.

Share
×
tekid
back to top