Pemindai wajah Pixel 4 lemah, Google janjikan pembaruan

Google mengatakan akan merilis pembaruan software yang akan memperbaiki masalah pemindai wajah di Pixel 4.

Pemindai wajah Pixel 4 lemah, Google janjikan pembaruan (Foto: Cnet)

Salah satu fitur utama yang melengkapi Google Pixel 4 ialah fitur Face Unlock atau pengenal wajah yang menjadi pengganti sensor sidik jari. Namun ternyata fitur pemindai wajah di smartphone Google itu memiliki kekurangan dimana sensor bisa memindai meski mata pengguna tertutup.

Atas kekurangan tersebut, Google mengatakan akan merilis pembaruan software yang akan memperbaiki masalah tersebut. Dalam pernyataan resminya, Google menjanjikan pembaruan software. Sayangnya perusahaan tampaknya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merancang pembaruan tersebut.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Cara pakai fitur aman Stay Safer di Google Maps

Google Maps kini punya fitur mirip medsos

Google Assistant bisa bantu pengguna feature phone cari info di internet


"Kami sedang mengerjakan opsi bagi pengguna untuk memungkinkan mata mereka terbuka guna membuka ponsel, yang akan dikirimkan dalam pembaruan software beberapa bulan mendatang," kata Google.

Fitur buka kunci dengan pemindai wajah di Pixel 4 sendiri sangat mirip dengan sistem di iPhone. Cara kerjanya dengan memanfaatkan proyektor inframerah dan kamera untuk membuat dan membaca peta kedalaman wajah pengguna yang akurat. Konsep ini membuatnya lebih aman ketimbang solusi berbasis kamera RGB lainnya karena tidak bisa diakali dengan foto atau video.

Namun demikian, sistem Face ID milik Apple memang membutuhkan perhatian dimana mata Anda harus terbuka dan menatap ke layar. Pengguna juga bisa menonaktifkannya jika kurang nayaman dengan penggunaan fitur ini. 

Google sebelumnya mengatakan "Kami tidak memiliki sesuatu yang spesifik untuk diumumkan mengenai fitur atau waktunya, namun seperti sebagian besar produk kami, fitur ini dirancang untuk menjadi lebih baik seiring waktu dengan pembaruan software di masa depan."

Dalam pernyataannya Google menekankan bahwa meskipun pemindai wajah Pixel 4 bisa berjalan dengan mata tertutup, perusahaan meyakini keamanan Pixel 4 memenuhi persyaratan keamanan sebagai biometrik yang kuat, dan bisa digunakan untuk pembayaran dan otentikasi aplikasi, termasuk aplikasi perbankan. "Itu tangguh terhadap upaya membuka kunci yang tidak valid melalui cara lain seperti dengan topeng," kata Google.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: