sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Minggu, 22 Des 2019 18:59 WIB

PCIe bandwidth bakal limitasi performa RX 5500 XT?

Sebuah situs asal Jerman menyebut performa dari GPU terbaru AMD, yakni RX 5500 XT akan terlimitasi oleh PCIe bandwidth.

PCIe bandwidth bakal limitasi performa RX 5500 XT?

AMD baru saja secara resmi menjual GPU terbaru mereka yakni, Radeon RX 5500 XT. GPU ini diklaim memiliki performa yang cukup tinggi dengan harga yang terjangkau, serta sudah dilengkapi dengan antarmuka PCIe 4.0.

Baru-baru ini diketahui bahwa fitur PCIe 4.0 di GPU ini menjadi bumerang bagi AMD. Dalam laporan yang diturunkan Wccftech (22/12) menyebut, salah satu situs teknologi asal Jerman mendapatkan hasil yang mengejutkan selama menguji GPU tersebut.

PcGamesHardware.de mengatakan, hasil pengujian varian 4GB memiliki hasil benchmark yang jauh lebih rendah dari varian 8GB. Tentu saja, hal ini membuat banyak calon pembeli kebingungan.

Hal ini terjadi baik pada saat mereka menggunakan PCIe gen 3.0 dan PCIe gen 4.0. Bahkan, mereka menemukan bahwa GPU 4GB yang dijalankan di PCIe gen 4.0 masih dapat dikalahkan dengan mudah oleh GPU 8GB yang berjalan di PCIe 3.0.

Mereka menyebut, alasannya karena Radeon RX 5500 XT tampaknya sangat lapar dengan memori dan bandwidth. Dan ketika buffer VRAM terisi, data tambahan kemudian dipaksa untuk menggunakan memori sistem untuk mentransfer data ke dan keluar bus PCIe, yang terasa lebih lambat daripada VRAM yang disertakan pada GPU tersebut.

Ini hanyalah kasus peralihan dari jalur berkecepatan tinggi ke jalur berkecepatan rendah karena semakin cepat bus, semakin cepat data dapat diterjemahkan dan semakin kecil kemungkinan frame akan tertunda, itulah sebabnya saat menggunakan bus PCIe 4.0 Versi kartu 4GB menunjukkan peningkatan yang nyata.

PCIe 4.0 terasa lebih cepat jika dibandingkan dengan PCIe 3.0, dan ditunjukkan bahwa kecepatan baca dan tulis PCIe 3.0 secara efektif setengah daripada ketika kartu dihubungkan ke slot PCIe 4.0.

Jadi, jika kalian memiliki CPU Ryzen generasi ketiga dan memiliki motherboard yang sudah mendukung PCIe gen 4.0, ada baiknya kalian lebih memilih membeli RX 5500 XT varian 8GB. Sedangkan kalian yang masih menggunakan PCIe gen 3.0, kalian mungkin akan tertarik membeli versi 4GB.

Tag
Share
×
tekid
back to top