Panasonic pamer Ultra HD Blu-ray terbaru

Pemutar Ultra HD Blu-ray tersebut memegang sertifikasi THX serta Dolby Vision dan HDR10+ demi menyajikan tampilan gambar alami

Panasonic pamer Ultra HD Blu-ray terbaru Source: digitalt.tv

Panasonic pertama kali mengumumkan pemutar Ultra HD Blu-ray flagship DP-UB9000 mendatang di acara peluncuran produk Panacon tahunan mereka pada bulan Februari lalu. Pengumuman tersebut mungkin tidak terlalu berpengaruh, namun pada bulan April ketika Oppo Digital mengumumkan mundur dari bisnis pemutar Blu-ray, DP-UB9000 perlahan menjadi pusat perhatian.

Pada pertemuan Europan Imaging and Sound Association (EISA) baru-baru ini yang digelar di Antwerp, Belgia, Panasonic memamerkan DP-UB9000 yang dijadwalkan bakal tiba di Eropa pada bulan Oktober mendatang. Dilansir dari Audio Holics (3/7), ada kemungkinan yang akan mengecewakan beberapa audiophile lantaran perusahaan yang berbasis di Jepang tersebut menginformasikan bahwa chipset yang ada di pemutar Ultra HD Blu-ray ini tidak mendukung Super Audio Compact Disc (SACD) dan DVD Audio. Selain itu, perangkat itu juga tidak mendukung Master Quality Authenticated (MQA).


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Merugi, Panasonic jual bisnis semikonduktor ke perusahaan Taiwan

Panasonic ikut tangguhkan bisnis dengan Huawei

Panasonic kerjasama dengan GS-Solar untuk produksi fotovoltaik


Keterbatasan tersebut menjadikan DP-UB9000 berada di bawah kemampuan pemutar Ultra HD Blu-ray milik Oppo dalam hal fitur suara, tetapi pemutar Blu-ray terbaru dari Panasonic tersebut tidak secara keseluruhan jauh dari selera para audiophile. Pasalnya, perangkat tersebut dilengkapi dengan chip DAC AK4493 32 bot sehingga mampu menangani audio beresolusi tinggi termasuk Direct Stream Digital (DSD). Selain saluran 7.1 channel analog, DP-UB9000 juga menawarkan output khusus melalui koneksi RCA dan XLR.

Output HDMI kedua menawarkan eliminasi gangguan noise suara secara signifikan bagi pengguna yang memilih untuk mengirim sinyal audio digital ke perangkat receiver atau prosesor surround. Panasonic DP-UB9000 juga dilengkapi dengan catu daya khusus yang terpisah untuk sirkuit audio yang menjanjikan suara lebih alami.

Berbeda seperti pemutar Blu-ray dari Oppo, DP-UB9000 dilengkapi dengan integrasi layanan streaming seperti Netflix dan Amazon, yang akan memungkinkannya menampilkan konten streaming beresolusi 4K. Panasonic juga menginformasikan, DP-UB9000 juga memegang sertifikasi THX serta dukungan Dolby Vision dan HDR10+.

Dalam hal ketersediaan, Ultra HD Blu-ray Panasonic DP-UB9000 bakal ada di pasar Eropa pada bulan Oktober mendatang dengan harga EUR1.000 (Rp16 juta). Namun, belum ada informasi lebih rinci seputar ketersediannya di Indonesia.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: