Panasonic bakal hadirkan mirrorless beresolusi 8K

Perusahaan yang berbasis di Osaka tersebut berencana untuk mengadopsi full-frame sekitar delapan tahun yang lalu.

Panasonic bakal hadirkan mirrorless beresolusi 8K

Pada ajang Photokina 2018 pada September lalu, Panasonic mengumumkan tengah mengembangkan kamera mirrorless full-frame yang bakal meluncur tahun depan. Selain itu, mengutip halaman resmi Techradar (4/12), pabrikan tersebut juga akan menghadirkan kamera mirrorless 8K pada tahun 2020.

Panasonic telah mengatasi keterbatasan fisik sensor Micro Four Thirds (MFT) dengan cara berpindah ke sensor full-frame. Bahkan, perusahaan yang berbasis di Osaka tersebut berencana untuk mengadopsi full-frame sekitar delapan tahun yang lalu, lantaran memproduksi video beresolusi 8K menggunakan sensor MFT itu agak sulit. Pasalnya sensor MFT memiliki fotodioda yang sangat kecil untuk menerima cahaya.


BACA JUGA

Panasonic punya SSD tahan banting

Laptop Panasonic Toughbook 31 tawarkan daya baterai hingga 29 jam

Smart TV Panasonic akan terintegrasi Google Assistant dan Alexa


Meski demikian, Panasonic tetap memegang janji tersebut dan bakal mengumumkan kamera full-frame yang mampu merekam video 8K pada 2020. Jika rumor itu benar, maka ini adalah kamera mirrorless full-frame pertama yang bisa merekam video 8K.

Walaupun Panasonic berencana untuk memproduksi lebih banyak jajaran kamera mirrorless full-frame, bukan berarti perusahaan akan melupakan sistem MFT. Diinformasikan bahwa mereka tetap bakal merilis sistem kamera MFT beserta lensanya.

Kamera mirrorless full-frame Panasonic yang bakal meluncur tahun depan adalah Lumix S1R dan S1. Pabrikan tersebut mengklaim kedua model kamera tersebut dilengkapi dengan fungsi perekaman video 4K 60p/50p dengan Dual I.S (image stabilizer) pertama di dunia. Perbedaan kedua kamera tersebut ada pada resolusi gambarnya. Lumix S1R mengemban sensor beresolusi 47 MP. Sedangkan S1 dilengkapi dengan sensor beresolusi 24 MP. Seri Lumix S menggunakan L-Mount milik Leica yang memungkinkan dapat dipasang dengan lensa Leica dan Sigma.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: