sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Rabu, 03 Jan 2024 19:04 WIB

Pakai WhatsApp kini berbayar, ini cara supaya lebih hemat

WhatsApp pada tahun ini akan memberlakukan tambahan biaya untuk menyewa cloud storage demi mengakses dokuman chat lama.

Pakai WhatsApp kini berbayar, ini cara supaya lebih hemat
Sumber: Pixabay

WhatsApp akan menerapkan aturan baru terkait cloud storage mulai 2024 sehingga pengguna harus membayar biaya sewa bila ingin menyimpan lebih banyak dokumen atau percakapan mereka. Maka dari itu para pengguna kini mulai khawatir bila nantinya aturan ini akan menguras kantong mengingat WhatsApp kini sudah menjadi platform yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Dikutip dari Mirror (2/1), pengguna seharusnya tidak perlu khawatir soal kebijakan ini asalkan mengetahui cara untuk menyiasatinya sedari awal. Selama pengguna dapat selalu aktif menyeleksi setiap dokumen, gambar, atau rekam jejak obrolan secara rutin, maka WhatsApp tidak akan mengenakan biaya secara otomatis.

“WhatsApp backups pada Android akan tetap bekerja, selama pengguna memiliki ketersediaan ruang dalam akun Google Storage. Akan tetapi jika tidak memiliki cukup ruang, maka pengguna perlu mengosongkan terlebih dahulu dengan menghapus beberapa item yang tidak dibutuhkan,” ujar perwakilan WhatsApp.

Google sebetulnya sudah memberikan ruang penyimpanan sebesar 15 GB secara gratis kepada para penggunanya, namun kebanyakan masih belum mengetahuinya. Jadi wajar bila masih banyak pengguna jarang membersihkan memori penyimpanan di perangkat mereka dan kemudian harus berbenturan dengan kebijakan ini.

Pemahaman konsumen terhadap produk menjadi sangat krusial bila pengguna tidak ingin terjebak dalam biaya tambahan. Artinya, aturan biaya tambahan ini tetap bisa dihindari namun membutuhkan usaha lebih dari para penggunanya.

Adapun aturan baru ini sudah mulai diberlakukan sejak Desember 2023 lalu, walau hingga kini belum semua pengguna bisa merasakan sebab baru muncul di versi Beta saja. Walau begitu WhatsApp berjanji akan segera secara bertahap memberlakukan aturan tersebut bagi para konsumennya.

“Pergantian ini akan pertama kali ada pada WhatsApp Beta mulai Desember 2023 hingga selanjutnya secara bertahap akan tersedia bagi seluruh pengguna,” tulis keterangan resmi WhatsApp, dikutip dari Mirror.

Share
×
tekid
back to top