sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Rabu, 29 Jan 2020 11:45 WIB

Oppo punya fitur keamanan keren di ColorOS 7

Fitur ini sejatinya untuk menjaga keamanan informasi data pengguna smartphone Oppo sudah mulai bisa dirasakan pengguna Reno, Reno10x Zoom, dan Reno2.

Oppo tampaknya kian serius dalam mengembangkan sistem operasinya. Hal ini terlihat dari pembaruan yang ditawarkan pada sistem operasi terbarunya ColorOS 7, yang menawarkan fitur-fitur untuk memudahkan penggunanya.

Salah satunya adalah Oppo Relax, fitur yang dirancang untuk menurunkan tingkat stres pengguna di Jakarta. Selain itu sektor keamanan juga diperketat, hal ini bertujuan untuk memberikan rasa tenang bagi pengguna smartphone Oppo. Berikut fitur keamanan pada Oppo yang menjalankan ColorOS7.

Keyboard aman, anti screen capture dan mencegah perekaman

Pengguna smartphone modern seakan mengubah fungsi dari smartphone itu sendiri. Dari yang awalnya hanya alat komunikasi, kini smartphone juga bisa menjadi alat pembayaran digital. Nah ditengah maraknya aplikasi pembayaran digital atau yang memerlukan informasi sensitif seperti PIN atau password, muncul kekhawatiran akan kejahatan siber.

Oppo paham akan hal tersebut dan mengaplikasikan sistem keamanan untuk mencegah kejahatan siber ketika pengguna memasukan informasi sensitifnya dengan Secure Keyboard.

Fitur ini bekerja ketika pengguna membutuhkan keyboard virtual untuk memasukkan informasi, saat itu Oppo akan mengubah keyboard virtual menjadi Oppo Secure Keyboard. Fitur keamanan milik Oppo ini tidak akan merekam apa yang pengguna ketik pada keyboardnya dan menjaga kerahasiaan informasi tersebut.

Selain memberikan fitur keamanan pada keyboardnya, Oppo juga menawarkan fitur yang dapat mencegah tangkapan layar atau screen capture ketika Secure Keyboard masih digunakan. Fitur tangkapan layar jadi tidak bisa digunakan, dan apabila ada aplikasi perekaman yang berjalan maka layarnya akan digelapkan untuk menyembunyikan informasi.

Ketika fitur Secure Keyboard aktif, smartphone Oppo juga akan memberi notifikasi jika ada penggunaan mikrofon untuk merekam audio pada bar notifikasi. Begitu juga ketika kamera akan digunakan.

Fitur ini sejatinya untuk menjaga keamanan informasi data pengguna smartphone Oppo sudah mulai bisa dirasakan pengguna Reno, Reno10x Zoom, dan Reno2.

Editor
Share
×
tekid
back to top