Nissan uji coba robot bebek yang bisa berkeliaran di sawah

Teknisi Nissan melakukan uji coba robot bebek yang bisa berkeliaran di sawah dan menyuburkan tanaman.

Nissan uji coba robot bebek yang bisa berkeliaran di sawah Source: Engadget

Bagi para petani, bebek menjadi salah satu cara untuk menjaga tanaman mereka tetap sehat. Mengingat bebek bisa menghancurkan gulma, memakan serangga, dan menyuburkan tanaman tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya. Kini teknisi Nissan sedang melakukan pengujian robot bebek yang dapat berkeliaran di sawah dan mengeruhkan air untuk mencegah gulma mendapat cukup sinar matahari untuk tumbuh.

Dilansir dari Engadget (24/6), ini disebut Robot Aigamo yang dinamai sesuai dengan jenis bebek yang digunakan dalam versi modern dari budaya kuno Jepang. Diketahui robot tersebut berbobot 1,5 kilogram dan seukuran robot penyedot debu besar. Terdapat pula dua sikat karet yang berputar di bagian bawahnya menggantikan kaki bebek. Ini berfungsi memberi oksigen air dengan mengaduknya dan mencegah gulma berakar.


BACA JUGA

Teknologi serat robot bisa bantu ciptakan kaki tiruan canggih

Berkat AI, ilmuwan asal Jepang bisa buat robot dari ranting pohon

Robot ini bisa menjelajah dalam air secara otomatis


Robot Aigamo ini juga dilengkapi dengan GPS, koneksi WiFi, dan tenaga surya untuk meminimalkan dampak lingkungannya. Kabarnya robot bebek tersebut sedang diuji dalam bentuk prototipe pada Prefektur Yamagata di timur laut Jepang. Sayangnya Nissan belum mengisyaratkan rencana untuk memproduksi robot ini secara massal.

Namun harapannya, Nissan dapat meluncurkan robot bebek ini dalam beberapa waktu mendatang. Mengingat robot ini kemungkinan dapat membantu bagi para petani di Jepang, untuk mengurus pertanian besar tanpa membutuhkan banyak pekerja. Ditambah ketertarikan negara tersebut pada robot pekerja juga cukup diminati.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: